Wali Kota Danny Tetapkan Status Makassar Siaga Banjir  

Banjir diprediksi bila terjadi air pasang tertinggi

Wali Kota Makassar Ramdhan “Danny” Pomanto menetapkan status siaga banjir untuk wilayah Makassar, Jumat (28/12/2018). Danny menginstruksikan seluruh jajaran dinas terkait, seluruh aparat kelurahan dan kecamatan untuk bersiap mengantisipasi bilamana banjir terjadi. 

Selain itu, Danny juga meminta warganya yang bermukim di daerah rawan dan langganan banjir untuk meningkatkan kewaspadaan, saat terjadi hujan deras selama beberapa hari terakhir ini. Selain itu, Danny meminta petugasnya memeriksa aliran air di kanal dan drainase yang biasa tersumbat sampah. 

Baca Juga: BMKG Peringatkan Warga di Manado Soal Gelombang Tinggi Pada Hari Ini

1. Hasil pantauan satelit akan terjadi air pasang di wilayah pesisir Makassar

Wali Kota Danny Tetapkan Status Makassar Siaga Banjir  Humas Pemkot Makassar

Danny menyebutkan hasil pemantauan satelit, peristiwa bulan purnama diprediksi akan menyebabkan air pasang tinggi di sekitar wilayah pesisir Makassar.  Terkait fenomena alam tersebut, Danny meminta seluruh aparatnya di tingkat kelurahan hingga kecamatan bersiaga hingga pukul 12 malam nanti, yang diprediksi menjadi waktu pasang tertinggi. 

“Berdasarkan pantauan satelit akan terjadi air pasang. Air laut pasang dan curah hujan tinggi akan menyebabkan banjir, kita berdoa hujan reda sehingga genangan air dan banjir bisa surut, saya berharap tidak terjadi, tapi bila terjadi petugas kami sudah siap mengantisipasinya,” ujar Danny. 

2. Wali Kota Danny memantau pintu air Balang Baru dan Kanal Mariso

Wali Kota Danny Tetapkan Status Makassar Siaga Banjir  Humas Pemkot Makassar

Danny dan jajarannya turun langsung memantau pintu air di Balang Baru dan kanal Mariso untuk melihat kondisi air pasang di sekitar wilayah Tanjung Alang dan jalan Nuri.

Menurut Wali Kota yang berlatar belakang Arsitek ini, bila terjadi air pasang bersamaan dengan curah hujan tinggi akan menyebabkan banjir di wilayah pesisir kota Makassar. Kanal Mariso menjadi tolok ukur genangan dan banjir di wilayah pesisir Makassar. 

3. Danny kerahkan petugas Dinas Sosial dan BPBD di sekitar lokasi rawan banjir

Wali Kota Danny Tetapkan Status Makassar Siaga Banjir  Humas Pemkot Makassar

Danny yang meninjau perkampungan warga di jalan Toa Daeng, Kec. Manggala yang menjadi langganan banjir setiap musim hujan, meminta aparatnya, mulai dari tingkat kelurahan hingga Dinas Sosial dan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD), bersiaga menolong warga korban banjir.  Beberapa persiapan yang dilakukan petugas BPBD Makassar dengan menyiagakan tim evakuasi yang dilengkapi perahu karet bermesin.  

Wilayah Toa Daeng diketahui daerah cekungan yang berbatasan dengan aliran sungai dari kabupaten Maros. Hingga sore air tinggi genangan air di kompleks Kodam jalan Toa Daeng masih sekitar 0,5 meter. 

Baca Juga: Banjir Landa Barru, Satu Warga Tewas

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya