Banjir Landa Barru, Satu Warga Tewas

Hujan lebat turun sejak Kamis malam

Makassar, IDN Times - Banjir melanda sebagian wilayah Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (28/12) pagi. Satu warga tewas dilaporkan tewas setelah terseret arus banjir.

Menurut sejumlah sumber, banjir menggenangi wilayah kecamatan Barru, Tanete Rilau, dan kecamatan Balusu. Air yang rata-rata setinggi lutut orang dewasa juga meluap hingga ke jalan Trans Sulawesi, yang menghubungkan kawasan utara Sulsel dengan ibu kota Makassar.

1. Hujan lebat sejak malam

Banjir Landa Barru, Satu Warga TewasBMKG Sulsel

Andi Romi Juliaksa, warga jalan Melati kecamatan Barru mengatakan, banjir mulai naik pada sekitar pukul tujuh pagi hari. Di saat yang sama, hujan lebat terus mengguyur sejak Kamis malam.

Saat berita dihimpun, air sudah masuk ke perumahan. Belum ada tanda banjir surut, karena hujan masih terus turun.

"Sekarang masih tinggi," kata Romi melalui pesan singkat.

Sebelumnya Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV telah mengeluarkan peringatan dini hujan lebat di sebagian wilayah Sulsel. Hujan lebat diperkirakan masih akan turun hingga Jumat petang.

"Masih berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang di wilayah kabupaten/kota Parepare, Pangkep, Barru, Soppeng, dan dapat meluas ke wilayah Maros," kata Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah IV Makassar, Daryatno.

Baca Juga: Indonesia Rawan Bencana, Ma'ruf Amin Siap Perkuat BNPB dan BMKG

2. Dua warga terseret arus

Banjir Landa Barru, Satu Warga TewasIDN Times/Istimewa

Pada Jumat pukul sepuluh pagi, Kantor SAR Makassar melaporkan dua warga terseret arus banjir di desa Takkalasi, kecamatan Balusu, Barru. Satu korban bernama Sulfiah, perempuan berusia 14 tahun. Satu lagi korban belum diketahui identitasnya.

Satu tim penyelamat diberangkatkan ke lokasi kejadian untuk mencari korban. Diturunkan personel dengan satu perahu karet, dua peralatan selam, serta beberapa peralatan pertolongan di air. Belakangan, Kepolisian mengabari informasi terbaru soal warga yang terseret arus.

"Baru saja kita evakuasi satu korban meninggal," kata Kepala Polres Barru AKBP Burhaman, tanpa menyebut identitas korban yang dimaksud.

3. Sejumlah wilayah Makassar tergenang

Banjir Landa Barru, Satu Warga TewasIDN Times/Istimewa

Hujan lebat yang turun sejak Kamis malam juga menimbulkan genangan banjir dalam skala lebih kecil di beberapa wilayah di Sulsel. Di Makassar, misalnya, air mulai menggenangi beberapa kawasan rawan banjir di kecamatan Tamalate.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menyatakan telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh jajarannya agar siaga dampak bencana terutama banjir. Instruksi terutama ditekankan kepada pemerintah kecamatan dan kelurahan. Di samping itu, masyarakat juga diimbau waspada.

"Karena menurut hasil pantauan satelit, kita mesti berhati-hati dengan dampak banjir akibat hujan lebat dalam beberapa waktu ke depan," katanya.

Baca Juga: BMKG Peringatkan Warga di Manado Soal Gelombang Tinggi Pada Hari Ini

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya