TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

NasDem Sulsel Usul Lima Capres di Rakernas, Ada Anies dan Ganjar

Nama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo turut diusulkan

Ketua DPW Partai NasDem Sulawesi Selatan Rusdi Masse di arena Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem, Kamis (16/6/2022). (Dok. Istimewa)

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan mengusulkan lima kandidat calon presiden di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2022.

Usulan tersebut disampaikan Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse Mappasessu, pada Rakernas di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (16/6/2022). Dua di antaranya merupakan tokoh eksternal, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Kami mengusulkan lima nama, tiga nama dari Partai NasDem," kata RMS di Rakernas, lewat siaran pers yang diterima, Kamis.

Tiga nama dari kalangan internal NasDem, masing-masing, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, serta Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali dan Rachmat Gobel.

Baca Juga: Bawa 800 Kader ke Jakarta, NasDem Sulsel Rahasiakan Usulan Capres

1. NasDem menjaring tiga kandidat capres

IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menegaskan, dalam menentukan calon presiden (capres) yang diusung, partainya tidak berpatokan pada hasil survei elektabilitas.

NasDem memastikan selalu membuka kesempatan yang sama bagi anak bangsa yang ingin maju sebagai capres, terutama dalam Pemilu 2024. Hanya saja, kata Surya Paloh, sosok capres yang bakal diusung harus mau memikul tanggung jawab dan mampu memimpin bangsa Indonesia ke arah lebih baik.

Surya Paloh menyebut, Partai NasDem tidak memiliki kecukupan syarat dalam upaya menjaring capres tanpa bantuan dari pihak lain. Oleh sebab itu, salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan menjaring aspirasi dari berbagai kalangan.

Rencananya, Partai NasDem akan mengusulkan tiga capres melalui rakernas. Usulan merupakan hasil penyampaian dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem.

"Mencari aspirasi dari berbagai kalangan untuk menentukan tiga calon nama sebagai bakal calon presiden yang akan dimajukan oleh Partai NasDem," tutur Surya Paloh.

2. NasDem Sulsel ungkap capaian struktur partai

Ketua DPW Partai NasDem Sulawesi Selatan Rusdi Masse di arena Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem, Kamis (16/6/2022). (Dok. Istimewa)

Rusdi Masse, di Rakernas, turut mengungkap capaian pemenuhan struktur Partai NasDem di Sulsel. Dia menyebut struktur partai sudah lama tercapai 100 persen, baik di tingkat DPW, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten/Kota, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) atau kecamatan, serta Dewan Pimpinan Ranting (DPRt) kelurahan/desa.

RMS mengatakan, per hari ini NasDem Sulsel telah menerbitkan 479 ribu kartu anggota. Jumlah itu jauh dari target pengkaderan, yakni 167.255 orang. 

"Artinya persentase capaian sampai hari ini 286 persen," kata RMS.

Baca Juga: NasDem Sulsel: Suara untuk Anies Menguat di Bursa Capres

Berita Terkini Lainnya