Makassar Investment Forum, 50 Kota Tawarkan Proyek ke Investor Asing

Menghadirkan investor dari 9 negara

Makassar, IDN Times - Makassar Investment Forum (MIF) kembali digelar. Kali ini, forum tersebut disertakan dalam rangkaian agenda rakernas XVI APEKSI, di Hotel Claro, Jumat (14/7/2023).

MIF bertujuan menghubungkan pemerintaha maupun perusahaan dengan calon investor. Dari seluruh peserta APEKSI, ada 50 pemerintah kota yang siap menawarkan proyeknya kepada investor asing dari negara-negara maju.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, mengatakan 50 kota tersebut membuat business matching atau pertemuan bisnis dengan para investor. 

"Ini sangat spektakuler sekali, akan ada 50 kota yang sangat berminat dan menawarkan apa yang dibutuhkan untuk investasi ke depan," kata Danny. 

1. Hadirkan investor dari 9 negara

Makassar Investment Forum, 50 Kota Tawarkan Proyek ke Investor AsingMakassar Investment Forum sebagai rangkaian Rakernas APEKSI, Jumat (14/7/2023). IDN Times/Ashrawi Muin

MIF kali ini menghadirkan investor dari 9 negara. Mereka adalah Inggris, Rusia, Belanda, Australia, Jepang, Korea, Jerman, Singapura dan Italia.

Selain investor asing, APEKSI juga mengundang pengusaha muda Tanah Air, Kamar Dagang Indonesia (KADIN) se-Sulawesi. 

"Bahkan lebih beragam pengusaha yang hadir hari ini," kata Danny.

2. Makassar tawarkan proyek Japparate

Makassar Investment Forum, 50 Kota Tawarkan Proyek ke Investor AsingMakassar Investment Forum sebagai rangkaian Rakernas APEKSI, Jumat (14/7/2023). IDN Times/Ashrawi Muin

Pemerintah Kota Makassar sendiri menawarkan proyek Japparate kepada para investor. Proyek telah masuk ke iPRO (Investment Project Ready to Offer). Menurut Danny hal ini berarti proyek itu telah siap untuk ditawarkan.

"Jadi akan dilakukan pra tender karena ada 1 regulasi yang ditunjuk master plan pariwisata dan alhamdulillah laporan sudah selesai sehingga akan pra biding, tinggal menunggu perda untuk itu," kata Danny.

Baca Juga: Hasil Rekomendasi Rakernas XVI APEKSI Diserahkan kepada Tiga Bacapres

3. BKPM dukung investasi di daerah

Makassar Investment Forum, 50 Kota Tawarkan Proyek ke Investor AsingOrang-orang menunggu momen matahari terbenam di Anjungan Pantai Losari Makassar (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, dan Pasifik Kementerian Investasi/BKPM, Saribua Siahaan, yang hadir dalam pembukaan MIF, menyatakan dukungannya untuk investasi di daerah. Ketika investor tertarik, maka BKPM akan beroperasi dengan pemerintah daerah agar urusan izin tidak terganggu. 

IPro, kata dia, merupakan bukti bahwa investasi di harus berjalan secara bersih dan terpercaya.

"Tapi wajibkan kaloborsi dengan lokal dan harus mendorong dengan pemerintah lokal. Kalau investasi di sini, harus kerja di sini yang diutamakan, di daerah juga punya potensi," kata Saribua.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Rakernas XVI APEKSI 2023 di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya