Danny Pomanto Sebut Proyek Japparate Dilirik Investor Korea Selatan

Proyek Japparate kantongi status IPRO

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar menawarkan berbagai proyek andalannya, termasuk Japparate Commercial and Tourism Center (JCTC), kepada para investor asing. Hal ini disampaikan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto dalam forum Makassar Investment Forum di Hotel Claro, Jumat (14/7/2023) sebagai rangkaian Rakernas XVI APEKSI.

Danny mengatakan bahwa proyek JCTC sendiri sudah mengantongi Investment Project Ready to Offer (IPRO) dari pemerintah pusat. IPRO merupakan status bahwa sebuah proyek dinyatakan telah clean and clear dan dapat dipastikan minim permasalahan sehingga siap untuk ditawarkan ke para investor.

"Sudah list di IPRO maka tidak ada masalah. Artinya, Japparate ini proyek siap tender," kata Danny.

1. Masih menunggu perda investasi

Danny Pomanto Sebut Proyek Japparate Dilirik Investor Korea SelatanPesepeda melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (1/5/2020). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Pemkot Makassar memang semakin gencar menawarkan peluang investasi untuk proyek Japparate. Proyek jembatan layang tiga lantai ini masuk dalam bagian revitalisasi Anjungan Pantai Losari sepanjang 1,5 kilometer dengan nilai investasi Rp5 triliun.

Proyek Japparate masih menunggu 1 perda tentang investasi. Kendati demikian, Pemkot menyebut proyek ini telah memiliki izin AMDAL, sertifikasi lokasi dan kelengkapan izin lainnya telah selesai. 

"Seluruh urusan mulai dari feasibility study , AMDAL, sertifikasi lokasi, itu sudah selesai," kata Danny.

2. Korsel berminat pada Japparate

Danny Pomanto Sebut Proyek Japparate Dilirik Investor Korea SelatanOrang-orang menunggu momen matahari terbenam di Anjungan Pantai Losari Makassar (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Sejauh ini, sudah ada beberapa negara yang tertarik pada proyek Japparate. Negara tersebut yakni Belanda, Korea Selatan, Inggris, Italia, Rusia, Jepang, dan Taiwan.

Meski begitu, Danny merasa peluang terbesar datang dari Korea Selatan. Menurutnya, investor dari negeri Ginseng tersebut telah menyatakan ketertarikannya pada proyek Japparate.

"South Korea Ambasador membawa semua informasi ke Korea dan memang salah satu investor terbesar Korea sudah menyatakan minat untuk ikut biding," kata Danny.

Baca Juga: Di APEKSI, Ganjar Pranowo Ungkap Ingin Teruskan Program Jokowi

3. Danny tawarkan sejumlah proyek lain

Danny Pomanto Sebut Proyek Japparate Dilirik Investor Korea SelatanWali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto saat menjabarkan program inovasi godokannya di Gedung Kemendagri Jakarta, Kamis 25 November 2021. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Bukan hanya Japparate, Danny juga menawarkan proyek lainnya seperti Makassar Core City Arena (MACCA), City Hall, hingga Elevated Tol Road. Proyek tersebut merupakan lanjutan dari tol layang Pettarani. 

Nantinya, tol ini akan terhubung ke Anjungan Pantai Losari sepanjang 22-24 km. 

"Berikutnya akan didorong lagi ringroad tol road, melanjutkan tol road, elevated tol road Pettarani akan keliling Makassar dan akan disambung Pantai Losari panjangnya kira-kira 22-24 kilometer," kata Danny.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Rakernas XVI APEKSI 2023 di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya