Relawan Ganjar Bekali Pemuda Bone Cara Pembuatan Pupuk Organik

Upaya penggalangan dukungan lewat kegiatan produktif

Makassar, IDN Times - Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Sulawesi Selatan aktif menggalang dukungan masyarakat lewat kegiatan produktif. Mereka menyasar suara anak muda.

Salah satu kegiatan PMN adalah pelatihan pembuatan pupuk organik cair di Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Kamis sore (13/7/2023). Kegiatan dihadiri pemuda dari berbagai wilayah di Bone. Pada kegiatan itu relawan juga bersosialisasi seputar ketokohan kandidat calon presiden Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Di APEKSI, Ganjar Pranowo Ungkap Ingin Teruskan Program Jokowi

1. Pemuda diajak memanfaatkan limbah jadi pupuk

Relawan Ganjar Bekali Pemuda Bone Cara Pembuatan Pupuk OrganikRelawan Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) menggelar kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik dari bahan limbah di Kabupaten Bone, Kamis (13/7/2023). (Dok. Istimewa)

Koordinator Wilayah (Korwil) PMN Sulawesi Selatan, Jusman mengatakan, peserta dari berbagai latar belakang dilatih memanfaatkan limbah di sekitarnya untuk dibuat jadi pupuk organik. Salah satu bahannya sabut kelapa yang melimpah, sebab  biasanya langsung membuangnya sebagai sampah. Padahal, benda tersebut memiliki potensi yang besar jika diolah dengan benar.

Harapannya, pemuda bisa memanfaatkan pupuk organik untuk digunakan sendiri maupun diberikan kepada masyararakat sekitar untuk dimanfaatkan.

"Tujuan kegiatan ini, itu bagaimana pemuda-pemudi mengembangkan kreativitasnya dalam memanfaatkan limbah yang ada di lingkungan sekitar untuk diolah menjadi pupuk organik cair," kata Jusman.

2. Pupuk organik cair cocok untuk berbagai tanaman

Relawan Ganjar Bekali Pemuda Bone Cara Pembuatan Pupuk OrganikIlustrasi (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Selain sabut kelapa, terdapat beberapa bahan yang digunakan untuk membuat pupuk organik cair tersebut. Bahan-bahan tersebut cukup dicampur, diaduk, disaring dan dimasukkan ke wadah yang tertutup.

"Adapun, bahan-bahannya ini yang sangat mudah didapat, karena pertama, bahannya dari sabut kelapa kemudian gula merah, kemudian cairan EM4 dan air," tutur Jusman.

Bahan campuran itu kemudian disimpan di tempat yang memiliki suhu cukup dingin selama sekitar 20 hari sampai cairannya tidak mengeluarkan aroma busuk. Agar hasilnya lebih maksimal, Jusman menyarankan agar peserta membuka wadah tersebut selama beberapa menit setiap pagi untuk mengeluarkan gas dari dalam wadah.

"Keunggulan dari pupuk cair itu bisa digunakan di berbagai jenis tanaman termasuk bisa digunakan di petani tambak, sebagai pakan," Jusman menambahkan.

3. Jadi ajang sosialisasi Ganjar Pranowo

Relawan Ganjar Bekali Pemuda Bone Cara Pembuatan Pupuk OrganikGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram.com/@ganjar_pranowo)

Jusman mengatakan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan para sukarelawan PMN Sulawesi Selatan selalu mendapatkan sambutan positif dari masyarakat khususnya generasi muda. Pada setiap kesempatan, Jusman memastikan jajarannya juga melakukan sosialisasi tentang sosok Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024 sekaligus menggalang dukungan dari kaum muda setempat.

"Jadi, kami pemuda-pemudi di provinsi Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Bone, mendukung Pak Ganjar menjadi Presiden Republik Indonesia tahun 2024," katanya.

Dukungan dari para pemuda di Kabupaten Bone ditunjukkan dengan antusiasme mereka saat mengikuti kegiatan pelatihan yang digelar PMN Sulawesi Selatan kali ini. Salah seorang peserta pelatihan, Agus Saling mengaku mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat mengenai cara membuat pupuk organik cair sekaligus pengolahan limbah.

"Alhamdulillah dengan terlaksananya kegiatan ini, kami pemuda menjadi tahu bahwa bahan-bahan yang seharusnya menjadi sampah ternyata bisa diolah menjadi pupuk yang berfungsi untuk pertanian dan tambak," ujarnya.

Melalui kegiatan itu, Agus juga menjadi lebih mengenal sosok Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024 dan berbagai prestasinya saat menjabat Gubernur Jawa Tengah selama ini. Setelah mendengarkan rekam jejak Ganjar yang disampaikan para sukarelawan PMN Sulawesi Selatan, Agus pun memastikan dukungannya untuk Ganjar Presiden 2024.

"Harapannya, semoga Pak Ganjar terpilih (jadi Presiden 2024) supaya kegiatan-kegiatan progresif seperti ini bisa dilanjutkan," kata Agus.

Baca Juga: Ganjar dan Sandiaga Bertemu di Acara Podcast Kaesang, Bahas Apa?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya