HUT ke-400 Manado, Andrei Angouw Ingatkan Warga tentang Pemilu 2024

Andrei Angouw juga membahas logo HUT yang kontroversial

Manado, IDNTimes – Jumat (14/7/2023), Kota Manado merayakan hari ulang tahun ke-400. Berbagai rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT ke-400 Kota Manado sudah digelar sejak 10 Juli 2023.

Beberapa di antaranya adalah perlombaan antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), konser musik, pameran, hingga Pesta Rakyat yang digelar di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) hari ini.

“Kota Manado sudah 400 tahun. Kalau mau lihat ke belakang, panjang sekali. Kita harus belajar sejarah, tapi kita juga harus fokus ke depan,” terang Wali Kota Manado, Andrei Angouw.

1. Harapan warga di usia 4 abad Kota Manado

HUT ke-400 Manado, Andrei Angouw Ingatkan Warga tentang Pemilu 2024Masyarakat memenuhi Taman Kesatuan Bangsa untuk memeriahkan Pesta Rakyat HUT ke-400 Manado, Jumat (14/7/2023). IDNTimes/Savi

Dengan bertambahnya usia, bertambah pula harapan masyarakat terhadap Kota Manado. Salah satu harapan dikemukakan oleh warga bernama Sherly Rumondor.

Harapan terbesarnya adalah Manado memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH). Ia merasa selama ini RTH yang ada masih belum cukup membuat udara Manado terasa sejuk.

Sherly masih merasa Kota Manado sangat panas jika musim kemarau, namun cepat tergenang ketika musim hujan. “Perbanyak taman-taman seperti ini (TKB, -red). Selain untuk tempat nongkrong masyarakat juga diperbanyak tanaman supaya sejuk,” ucap Sherly.

2. Andrei Angouw ingatkan masyarakat jaga kondusivitas sambut Pemilu 2024

HUT ke-400 Manado, Andrei Angouw Ingatkan Warga tentang Pemilu 2024Wali Kota Manado, Andrei Angouw, saat memberikan sambutan dalan Pesta Rakyat HUT ke-400 Manado di Taman Kesatuan Bangsa, Jumat (14/7/2023). IDNTimes/Savi

Warga lain bernama Rio Karundeng, berharap baik masyarakat maupun pejabat bisa menjaga ketertiban dan keamanan selama tahun politik ini. “Semoga kita bisa tetap rukun dan damai menjelang Pemilu 2024,” ujar Rio.

Hal yang sama juga diungkapkan Andrei Angouw. Ia berharap dalam menghadapi Pemilu 2024, masyarakat juga bisa berbahagia seperti hari ini.

Baginya, Pemilu adalah pesta demokrasi, bukan perang demokrasi. “Karena biasa event-event politik suhu cukup panas, ada konflik, perselisihan. Kita harus lebih dewasa, prioritaskan keutuhan bangsa dan pembangunan Kota Manado,” jelas Andrei.

3. Andrei Angouw tak permasalahkan kontroversi logo HUT ke-400 Kota Manado

HUT ke-400 Manado, Andrei Angouw Ingatkan Warga tentang Pemilu 2024Logo HUT ke-400 Manado. IDNTimes/Dok. Pemkot Manado

Akhir-akhir ini, logo HUT ke-400 Manado juga menjadi perbincangan di media sosial lantaran dinilai mirip dengan salah satu logo partai. Menurut Andrei, mata dalam logo tersebut bermaksana Manado harus terus waspada, tidak boleh lengah, serta terus bekerja keras dalam menatap masa depan yang lebih baik.

Ia juga mengaku senang karena dari logo HUT ke-400 Manado muncul kreativitas netizen. Ia melihat beberapa netizen membuat meme dari logo tersebut.

“Misalnya dibikin jadi bola billiard, it’s ok. Harus bisa melihat itu sebagai kreativitas, jangan gampang merasa diserang,” kata Andrei.

Baca Juga: Nenek Asal Manado Tersangka Pemalsuan Sertifikat Tanah di Makassar 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya