Unhas dan Universitas Toyama Jalin Kerja Sama di Bidang Kedokteran

Program beasiswa rencananya akan kembali dilanjutkan

Makassar, IDN Times - Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof. Jamaluddin Jompa, turut menyambangi Universitas Toyama pada Selasa (9/5/2023) di sela-sela kunjungan kerjanya ke Jepang. Tujuannya yakni untuk membahas rencana kerja sama antara dua perguruan tinggi.

"Selain itu, banyak alumni dari Universitas Toyama menduduki posisi strategis di Unhas dalam pengembangan ilmu dan berbagai penelitian bertaraf internasional," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Selasa malam.

Baca Juga: Kunjungan Kerja ke Jepang, Rektor Unhas Temui Alumni dan Dosen

1. Universitas Toyama punya reputasi dalam kajian farmasi dan kedokteran

Unhas dan Universitas Toyama Jalin Kerja Sama di Bidang KedokteranSuasana pertemuan Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Jamaluddin Jompa (kanan) dan dengan petinggi Universitas Toyam pada Selasa 9 Mei 2023. (Dok. Biro Komunikasi Unhas)

Menurut Prof. JJ, sapaan akrab Rektor Unhas, kerja sama dengan Universitas Toyama akan terus dikembangkan. Ini tak lepas dari reputasi perguruan tinggi tersebut sebagai salah satu yang sangat maju untuk kajian kedokteran dan farmasi, terutama fitofarmaka atau obat-obatan yang berasal dari alam.

Selain itu, pihak Universitas Toyama juga disebut sangat antusias melanjutkan program pertukaran mahasiswa atau dosen yang ingin melanjutkan studi. "Sudah sekitar 10 tahun Toyama tidak menerima mahasiswa dari Indonesia karena masalah ketersediaan beasiswa," ungkapnya.

2. Rencana kerja sama disambut dengan baik loleh Rektor Universitas Toyama

Unhas dan Universitas Toyama Jalin Kerja Sama di Bidang KedokteranSuasana pertemuan Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Jamaluddin Jompa (kiri) dan Rektor Universitas Toyama Shigeru Saito (kanan) pada Selasa 9 Mei 2023. (Dok. Biro Komunikasi Unhas)

Sementara itu, Rektor Universitas Toyama yakni Prof. Shigeru Saito menyambut baik wacana melanjutkan kerja sama antara dua universitas. Ia bahwa mengungkapkan bahwa pihaknya akan melihat kemungkinan untuk mengirim mahasiswa dari Toyama untuk belajar di Unhas, terutama di jurusan kedokteran dan farmasi.

"Karena itu, kami berharap kiranya kerjasama yang positif ini dapat terus dikembangkan," papar Saito.

University of Toyama adalah universitas yang merupakan gabungan dari tiga bekas universitas nasional yakni Toyama University (didirikan tahun 1949), Toyama Medical and Pharmaceutical University (didirikan tahun 1975) dan Takaoka National College (didirikan tahun 1983) yang semuanya diintergrasikan pada Oktober 2005.

3. Beberapa petinggi juga ikut serta dalam rombongan kunjungan kerja Unhas ke Jepang

Unhas dan Universitas Toyama Jalin Kerja Sama di Bidang KedokteranSuasana pertemuan rombongan Universitas Hasanuddin Prof. Jamaluddin Jompa dan petinggi Universitas Toyama pada Selasa 9 Mei 2023. (Dok. Biro Komunikasi Unhas)

Selain Prof. JJ, rombongan Unhas yang datang ke Jepang dan singgah ke Universitas Toyama yakni Wakil Rektor Bidang Kemitraan Inovasi Kewirausahaan dan Bisnis Prof. Adi Maulana, Dekan Pascasarjana Prof. Budu, Direktur Rumah Sakit Unhas Prof. A. Muh. Ichsan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Dr. Agussalim Buhari, Ketua Departemen Oftalmologi FK Unhas dr. Habibah S. Muhiddin, dan Sekretaris Rektor Dr. Sawedi Muhammad.

Dari Universitas Toyama sendiri ada Rektor Prof. Shigeru Saito, Wakil Rektor Prof. Masayuki Ikeda, Direktur Rumah Sakit Universitas Toyama Prof. Atsushi Hayashi, Direktur Pengobatan Bahan Alam Prof. Yoshihiro Hayakawa, Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Takashi Nakagawa serta Manajer Kerjasama Internasional Takeru Nashio.

Baca Juga: Ayo, Daftar Beasiswa KIP Kuliah Jalur SNBP dan Ketua OSIS di Unhas!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya