[FOTO] Masa Tenang, APK Caleg Masih Terpajang di Makassar

Bawaslu sudah meminta parpol mencopot alat peraga kampanye

Makassar, IDN Times - Setelah gegap gempita rangkaian kampanye, Indonesia memasuki masa tenang jelang Pemilu 2024. Berlangsung dari hari Minggu kemarin (11/2/2024) hingga Selasa besok (13/2/2024), para pemilih mendapat banyak waktu untuk mempertimbangkan pilihannya sebelum melangkah ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Bawaslu Kota Makassar, Dede Alamsyah, mengingatkan bahwa masa tenang adalah tahapan yang melarang segala bentuk metode kampanye. "Itu adalah tahapan masa tenang yang tidak boleh ada satu pun metode kampanye. Salah satunya adalah pemasangan alat peraga kampanye," kata Ketua Bawaslu Kota Makassar, Dede Alamsyah, Senin (12/2/2024).

Dede mengatakan pihaknya telah meminta parpol untuk menurunkan APK di seluruh ruas jalan Kota Makassar secara mandiri. Namun APK yang belum dicopot hingga masa tenang harus ditertibkan oleh petugas.Dalam penertiban APK, Bawaslu telah mengerahkan personel. Selain itu petugas juga dibantu personel Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup dan KPU Makassar.

"Mulai tanggal 12 hari ini, ketika jalan-jalan protokol selesai, mereka akan sisir ke daerah-daerah yang tidak bisa dijangkau Bawaslu, PPK, PPS, maupun Satpol," ucap Dede.

Meski begitu, masih ada agenda yang dilaksanakan pada masa tenang. Yakni penertiban alat peraga kampanye (APK) yang berseliweran di seluruh sudut wilayah selama tiga bulan terakhir, serta pendistribusian logistik ke TPS-TPS.

Berikut ini sejumlah foto kesibukan saat masa tenang jelang Pemilu 2024 di Kota Makassar. Masih banyak APK terpasang.

Baca Juga: Masa Tenang, Bawaslu Makassar Tertibkan APK yang Masih Terpasang 

1. Sejumlah petugas dari Panwaslu Kecamatan Tamalanrea dibantu Satpol PP menurunkan alat peraga kampanye (APK) calon legislatif dan calon presiden di kawasan Bumi Tamalanrea Permai, Minggu (11/2/2024)

[FOTO] Masa Tenang, APK Caleg Masih Terpajang di MakassarSejumlah petugas dari Panwaslu kecamatan dibantu satpol PP menurunkan alat peraga kampanye (APK) calon legislatif dan calon presiden di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (11/2/2024). (ANTARA FOTO/Hasrul Said)

2. Penertiban APK juga berlangsung di sekitar Taman Maccini, Kel. Tompo Balang, Kec. Bontoala, Minggu kemarin (11/2/2024). Penertiban APK dilakukan pada hari pertama masa tenang jelang Pemilu 2024

[FOTO] Masa Tenang, APK Caleg Masih Terpajang di MakassarSejumlah petugas dari Panwaslu kecamatan dibantu satpol PP menurunkan alat peraga kampanye (APK) calon legislatif dan calon presiden di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (11/2/2024). (ANTARA FOTO/Hasrul Said)

3. Masih pada hari pertama masa tenang, sejumlah pekerja mengirim logistik Pemilu 2024 ke atas kapal yang berada di Pelabuhan Paotere. Logistik tersebut akan didistribusikan ke sejumlah pulau lepas pantai Makassar

[FOTO] Masa Tenang, APK Caleg Masih Terpajang di MakassarPekerja memindahkan logistik Pemilu 2024 ke atas kapal untuk didistribusikan ke sejumlah pulau di Pelabuhan Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (11/2/2024). KPU Kota Makassar mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 untuk 41 TPS yang tersebar di sejumlah pulau di Kecamatan Sangkarrang, Makassar dengan jumlah DPT sebanyak 10.261 orang. (ANTARA FOTO/Arnas Padda/nzPekerja memin. ANTARA FOTO/Arnas Padda)

4. KPU Kota Makassar mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 untuk 41 TPS yang tersebar di sejumlah pulau di Kecamatan Sangkarrang. jumlah DPT wilayah tersebut mencapai 10.261 orang

[FOTO] Masa Tenang, APK Caleg Masih Terpajang di MakassarPekerja menata logistik Pemilu 2024 di atas kapal untuk didistribusikan ke sejumlah pulau di Pelabuhan Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (11/2/2024). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

5. Meski begitu, masih ada APK di sejumlah wilayah Kota Makassar yang belum ditertibkan hingga Senin pagi (12/2/2024). Salah satunya di Jalan Tamalate II, Kecamatan Rappocini

[FOTO] Masa Tenang, APK Caleg Masih Terpajang di MakassarWarga melintas di depan alat peraga kampanye (APK) di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (12/2/2024). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

6. Satpol PP dan Panwaslu dipastikan bekerja ekstra keras di masa tenang. Sebab berdasarkan peraturan, seluruh APK harus diturunkan paling lambat sehari sebelum Pemilu 2024, atau pada hari Selasa besok (13/4/2024)

[FOTO] Masa Tenang, APK Caleg Masih Terpajang di MakassarPenjual jamu keliling melintas di dekat alat peraga kampanye (APK) di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (12/2/2024). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya