Comscore Tracker

Gubernur Sulsel Salat Idul Fitri di Lapangan Karebosi

Gubernur Sulsel juga gelar open house di rumah dinasnya

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah  melaksanakan salat Idul Fitri bersama ribuan warga Makassar di Lapangan Karebosi, Makassar, Rabu (5/6).

Nurdin ikut didampingi Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, Sekda Sulsel Abdul Hayat, Ketua DPRD Makassar Farouk M Betta, Ketua Golkar Sulsel Nurdin Halid, Kapolrestabes Makassar Kombes Wahyu Dwi Ariwibowo, dan mantan Wakil Wali Kota Makassar Andi Herry Iskandar.

Pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri ini dipimpin imam salat Syarifuddin Usman dan yang menyampaikan khotbah salat Idul Fitri Prof Dr Hamdan Juhannis, Wakil Rektor IV UIN Alauddin Makassar. 

Selain di Lapangan Karebosi yang merupakan alun-alun Kota Makassar, pelaksanaan salat Idul Fitri juga digelar di sejumlah titik, seperti Lapangan Awwalul Islam Muhammadiyah, Masjid Raya Makassar, Masjid Al Markaz Al Islami, Pelabuhan Makassar, dan Mako Lantamal VI. 

Baca Juga: Maleppe', Tradisi Lebaran Sulsel yang Unik

1. Tema khotbah salat Idul Fitri di Karebosi ragam kesombongan manusia

Gubernur Sulsel Salat Idul Fitri di Lapangan KarebosiHumas Sulsel

Dalam khotbahnya, Prof Hamdan menjelaskan sifat-sifat kesombongan yang dibenci Allah dan Nabi Muhammad, seperti kesombongan intelektual, kesombongan sosial, dan kesombongan ekonomi. Manusia yang memiliki sifat kesombongan, lanjut Hamdan, akan merendahkan orang lain, dan merasa paling benar dibandingkan orang lain. Selain itu juga sifat-sifat kesombongan akan menjauhkan orang-orang dalam persatuan dan keutuhan bangsa. 

“Inti dari puasa yang dijalankan sebulan penuh, adalah mengikis sifat kesombongan dan akan lahir sifat empati serta melihat dunia dengan kacamata orang lain. Rendah hati, dan tidak membesar-besarkan masalah orang lain,” ujar Hamdan. 

2. Nurdin ajak jamaah salat Idul Fitri bersatu membangun Sulsel

Gubernur Sulsel Salat Idul Fitri di Lapangan KarebosiHumas Sulsel

Dalam pidato sambutannya, Nurdin mengajak seluruh jamaah salat Idul Fitri untuk turut serta dan bersatu membangun Sulsel menjadi daerah yang makin baik. Nurdin menyebutkan Sulsel memiliki banyak potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, yang bisa dikelola dengan baik dan bersaing dengan daerah lainnya.

“Dengan kerjasama dan kebersamaan, kita akan mampu membangun daerah dan negara kita ini menjadi bangsa yang maju, pemerintah provinsi akan mendukung dengan kebijakan-kebijakan yang baik dan tepat, sesuai tuntutan masyarakat,” kata mantan Bupati Bantaeng ini.

3. Nurdin gelar open house di kediaman dinasnya

Gubernur Sulsel Salat Idul Fitri di Lapangan KarebosiHumas Sulsel

Usai melaksanakan salat Idul Fitri, Nurdin dan keluarganya menggelar open house di kediaman dinasnya, di Jalan Jenderal Sudirman, yang lokasinya tidak jauh dari Lapangan Karebosi. Sejumlah tokoh hadir dalam acara ini, seperti Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina dan suaminya, Nasir Kalla, Ketua MUI Sulsel KH Sanusi Baco, Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin dan wakilnya, Brigjen Adnas. Selain tokoh-tokoh masyarakat Sulsel, turut hadir pula sejumlah pejabat dan pegawai Pemprov Sulsel. 

Baca Juga: PLN Sulselrabar Pastikan Pasokan Listrik Aman Selama Idul Fitri

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya