Viral, Serunya Rombongan Haji Bugis Berdandan Nyentrik di Pesawat

Netizen: Tidak heran, sudah dari dulu

Makassar, IDN Times - Di tengah masa pemulangan jemaah haji tahun 2022, viral video yang menunjukkan pemandangan unik. Dalam video yang beredar, rombongan haji nampak berdandan di pesawat.

Video menunjukkan jemaah haji yang didominasi wanita tengah berdandan. Mereka mengenakan pakaian nyentrik dengan beragam warna, plus berbagai perhiasan emas.

Ada beberapa video yang beredar. Salah satunya diunggah akun TikTok @ravidhams, yang sudah ditonton 3,2 juta kali. Belum diketahui kapan dan di mana video itu diambil.

"Jamaah Haji Bugis Makassar jii," tulis akun itu pada keterangan video.

Baca Juga: 7.160 Orang Jemaah Haji Berangkat lewat Asrama Haji Makassar

1. Berdandan dan merias diri di pesawat

@ravidhams Jamaah Haji Bugis Makassar jii😂😂#fypシ #tiktokindo #fypviral #fyp #fypage #jamaahhajiindonesia2022 #jamaahindonesia🇮🇩 #jamaahhaji2022 #makassar #makassarinfo ♬ Tang Tang Tang Viral TikTok ( KEJU JOGET ) - Dj Choko

Video akun TikTok @ravidhams menunjukkan sejumlah wanita berdandan di kabin pesawat. Ada yang merias diri, mempersiapkan busana, hingga berpose nyentrik.

Di video itu, salah seorang wanita terlihat mencolok. Dia mengenakan beragam perhiasan emas di telinga, jari, dan pergelangannya, serta pakai kacamata hitam. 

Di bagian lain video itu, seorang pramugara mengambir video selfie berlatar ibu-ibu berdandan. Pada video disematkan tulisan, "Jamaah Haji Bugis Makassar gak ada lawan bestie, wkwkwk."

2. Netizen tidak heran melihat pemandangan seperti itu

Viral, Serunya Rombongan Haji Bugis Berdandan Nyentrik di PesawatTangkapan layar video viral jemaah haji dandan nyentrik. (TikTok/@ravidhams)

Video viral itu direspons warganet. Hingga Kamis siang (4/8/2022) pukul 12.30 Wita, unggahan @ravidhams disukai 196 ribu kali dan menuai 4.713 komentar.

Di kolom komentar, sebagian warganet mengatakan tidak heran dengan pemandangan seperti itu. Sebab menurut mereka, jemaah haji Bugis-Makassar memang terkenal suka berdandan saat pulang dari Tanah Suci.

"UDAH TRADISI DARI JAMAN DULU .. GA HERAN LAGI DAH EMAK EMAK .. SEHAT SELALU," tulis @d.muhardarwandi.

"sebagai orang Bugis, ini udah hal biasa di sini dan bukan naik haji doang, kalau ada acara hajatan juga mostly gini sih jadi yaudah b aja," akun @infboyyy menimpali.

Banyak juga komentar yang mendoakan keselamatan para jemaah haji asal Indonesia.

"Kenapa Mereka Murah Rezeki karena selalu Bahagia," kata @Mr Pilot23.

"positif thinking ajh, semoga menjadi haji mabrur," tulis @Java Joey.

3. Jemaah haji sengaja dandan di pesawat

Viral, Serunya Rombongan Haji Bugis Berdandan Nyentrik di PesawatMastang binti Kasara (47), salah satu jemaah haji Makassar yang berdandan saat tiba di Asrama Haji Sudiang, Kamis (28/7/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Dandanan khas jemaah haji perempuan memang jadi pemandangan menarik setiap masa pemulangan jemaah haji di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan. Biasanya, peserta jemaah perempuan akan berdandan serba meriah begitu kembali dari Tanah Suci.

Hal itu juga terlihat pada kedatangan jemaah kelompok terbang pertama Debarkasi Makassar, Kamis petang (28/7/2022). Anggota jemaah perempuan tampil mencolok dengan pakaian dan perhiasan masing-masing.

Ini berbeda dengan pemandangan jelang keberangkatan ke Tanah Suci, beberapa waktu lalu. Saat itu jemaah mengenakan pakaian sederhana dan seragam sebelum menempuh perjalanan haji.

Tampilan meriah terlihat saat jemaah haji kloter pertama turun dari bus yang menjemput mereka dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ke Asrama Haji Sudiang Makassar. Anggota jemaah perempuan umumnya mengenakan pakaian baru, beragam warna, disertai aneka perhiasan emas.

Salah satunya Mastang binti Kasara, 47 tahun. Dia mengenakan busana serba merah muda. Di tangan dan jarinya berjejer gelang dan cincin emas. Sedangkan di kepalanya terpasang bando bermotif angsa yang membuat penampilannya bak seorang ratu.

Mastang mengatakan pakaian dan aksesoris yang dikenakannya sudah disiapkan sebelum berangkat ke Tanah Suci. Namun semuanya baru digunakan saat kembali ke Indonesia, usai menjalani seluruh rangkaian ibadah haji.

"Tadi dipakai saat masih di pesawat, heboh tadi di atas pesawat," kata Mastang kepada wartawan, Kamis.

PPIH Embarkasi/Debarkasi Makassr, pada tahun ini memberangkatkan jemaah haji yang terdiri dari 7.230. Dengan rincian 2.451 orang pria dan 4.779 wanita. Sebanyak 7.119 orang merupakan anggota jemaah, ditambah petugas haji dan pembimbing.

Jemaah Embarkasi Makassar tahun ini berasal dari delapan provinsi di Indonesia bagian Timur. Masing-masing, Sulawesi Selatan (3.320 Orang), Sulawesi Tenggara (922 Orang), Sulawesi Barat (663 Orang), Gorontalo (447 Orang), Maluku (496 Orang), Maluku Utara (491 Orang), Papua (491 Orang), serta Papua Barat (330 Orang).

Baca Juga: Dandanan Khas Jemaah Haji saat Kembali ke Makassar 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya