Viral Pengendara di Makassar Motor Masuk Tol dan Lawan Arah

Polisi menduga pengendara dari luar kota, tidak tahu aturan

Makassar, IDN Times - Sebuah video yang tersebar di media sosial menunjukkan pengendara sepeda motor masuk jalan tol dan melaju lawan arah. Terlihat video direkam di kawasan jalan tol layan AP. Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurut keterangan video yang diunggah akun Instagram @info_kejadian_makassar, dua wanita berboncengan motor terekam melintas di jalan tol pada Kamis (21/9/2023). Mereka terlihat menggunakan sepeda motor matic. Saat pengendara motor melintas di jalan tol, dari arah sebaliknya beberapa mobil melaju. 

Baca Juga: Preman di Pelabuhan Makassar Ditangkap, Terancam Penjara 12 Tahun

1. Polisi masih mencari pengendara yang masuk dan melawan arah di jalan tol

Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Sulsel Kompol Gani mengatakan, video yang beredar di media sosial direkam oleh seorang penumpang mobil. Pihaknya masih menelusuri suapa pengendara motor dalam video itu.

"Jadi iya, sementara kita dalami pelakunya ini siapa yang perempuan atau ibu ini siapa yang masuk tol. Seperti itu, apakah unsur sengaja atau tidak," ucap Kompol Gani saat dikonfirmasi, Jumat siang (22/9/2023).

2. Aturannya jelas, sepeda motor dilarang masuk tol

Viral Pengendara di Makassar Motor Masuk Tol dan Lawan ArahIlustrasi jalan Tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Gani menegaskan bahwa pengendara motor yang viral itu sudah pasti melanggar aturan lalu lintas. Sebab sepeda motor dilarang masuk jalan tol. Di jalur masuk tol juga sudah tertera tanda larangan yang jelas.

"Memang dia melanggar masuk di jalan tol. Dan sebenarnya sudah ada rambu untuk kendaraan sepeda motor, hanya terkadang masyarakat tidak lihat itu," Gani menerangkan.

3. Pengendara diduga balik arah karena ditegur di jalan tol

Viral Pengendara di Makassar Motor Masuk Tol dan Lawan ArahFoto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Insinyur Sutami, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (26/5/2023). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Gani mengatakan, menurut informasi yang dihimpun petugas, pengendara motor itu melaju melawan arah di jalan tol karena ada yang menegur. "Ternyata balik arah melanggar, malah parah lagi melawan arus di jalan tol," ucap Gani.

"Dia kalau lurus saja tiba jalur keluar, nah itu lebih bagus karena nanti ada petugas yang arahkan dia keluar. Karena dalam tol itu tidak ada tempat pemutaran," dia melanjutkan.

Kompol Gani mengakui masih ada sebagian masyarakat menggunakan sepeda motor masuk tol. Dia menyebut pelakunya rata-rata pengendara asal luar daerah.

Baca Juga: Viral, Baru Tiba di Makassar Penumpang Kapal Mengaku Dipalak Preman

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya