Comscore Tracker

Thai Airways Rute Bangkok-Melbourne Mendarat Darurat di Makassar

Pesawat mendarat di Makassar pukul 6.00 Wita

Makassar, IDN Times - Pesawat Thai Airways dengan nomor penerbangan TG465 mendarat darurat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/9) pagi. Pesawat ini sedianya terbang dengan rute Bangkok, Thailand menuju Melbourne, Australia.

General Manager Airnav Indonesia Cabang Utama Makassar Air Traffic Service Center (MATSC) Rosedi mengungkapkan, pesawat mendarat sekitar pukul 6.00 Wita. Pilot mengalihkan perjalanan pesawat gara-gara salah seorang penumpang mengalami serangan jantung.

"Dengan kesigapan Airnav dan Bandara, penumpang sekarang sudah membaik dan pesawat siap berangkat kembali," kata Rosedi lewat pesan singkat, Rabu (18/9).

1. Penumpang dirawat di klinik bandara

Thai Airways Rute Bangkok-Melbourne Mendarat Darurat di MakassarIDN Times/Istimewa

Tidak dijelaskan berapa jumlah penumpang yang diangkut Thai Airways TG465 dari Bangkok menuju Melbourne. Demikian pula identitas penumpang yang terkena serangan jantung. Rosedi hanya menyampaikan bahwa penumpang tersebut merupakan warga negara Thailand.

Setelah pesawat mendarat darurat di Bandara Sultan Hasanuddin, penumpang dimaksud langsung dievakuasi ke klinik bandara untuk mendapatkan penanganan medis. Saat berita dihimpun penumpang sudah sehat, sedangkan pilot pesawat menunggu info dari Kementerian Perhubungan untuk dapat terbang kembali.

Baca Juga: Satu Pesawat Boeing 737 Max 8 Dikandangkan di Bandara Makassar

2. Pesawat seharusnya tiba di tujuan pukul 12 siang

Thai Airways Rute Bangkok-Melbourne Mendarat Darurat di Makassarap1.co.id

Pesawat Thai Airways TG465 berangkat dari Bandara Bangkok Suvarnabhumi pada Rabu pukul 00.35 waktu setempat. Menurut informasi yang dihimpun, pesawat dijadwalkan tiba di Melbourne pada pukul 12.05 waktu Australia.

Dari laman Flight Radar 24 diketahui bahwa pesawat ini melayani sejumlah rute internasional. Antara lain rute Singapura-Bangkok dan sebaliknya, Nagoya-Bangkok dan sebaliknya, serta Bangkok-Hongkong pulang pergi.

 

3. Pesawat akan terbang kembali ke bandara asal

Thai Airways Rute Bangkok-Melbourne Mendarat Darurat di MakassarIDN Times/Arief Rahmat

GM MATSC Rosedi menyatakan pesawat yang mendarat darurat di Makassar akan kembali diterbangkan. Bukan ke rute tujuan, melainkan ke bandara asal di Bangkok, Thailand.

Sebelum ke Thailand, rencananya pesawat beserta seluruh penumpang dialihkan terlebih dahulu ke Denpasar, Bali. "Saat ini pesawat akan kembali ke Bangkok dan sedang menunggu izin," ucap Rosedi.

Baca Juga: Calon Penumpang Pukul Staf Sriwijaya Air di Bandara Sultan Hasanuddin

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You