Tanpa El Nino, Makassar Capai Suhu Tertinggi Sepanjang Sejarah

Suhu tertinggi tercatat pada El Nino Oktober 2015

Makassar, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat suhu  tertinggi di Kota Makassar dan sekitarnya di Sulawesi Selatan pada Minggu (20/10). Suhu mencapai 38,2 Derajat celcius pada waktu pengamatan pukul 13.00 Wita.

Menurut histori data pencatatan parameter cuaca, suhu ekstrem di Sulsel selama ini biasanya terjadi pada bulan Oktober. BMKG juga sudah pernah mengingatkan soal potensi suhu ekstrem pada Oktober 2019.

"Suhu pada Minggu kemarin merupakan suhu tertinggi untuk bulan Oktober sepanjang pengamatan, tertinggi untuk tahun tanpa dipengaruhi El Nino," kata Kepala Stasiun Klimatologi Maros Hartanto kepada IDN Times di Makassar, Senin (21/10).

Baca Juga: 10 Potret Dampak Kemarau Panjang di Sulawesi Selatan

1. Suhu tertinggi di Makassar terjadi saat El Nino

Tanpa El Nino, Makassar Capai Suhu Tertinggi Sepanjang Sejarah(Ilustrasi) IDN Times/Dhana Kencana

Hartanto mengatakan, sejauh ini rekor suhu tertinggi di Sulsel tercatat pada angka 38,8 derajat Celcius. Saat itu sebagian besar wilayah Indonesia terpengaruh El Nino, yaitu fenomena memanasnya suhu muka laut di Samudera Pasifik bagian tengah hingga timur.

Pada tahun tanpa El Nino, suhu tertinggi di Sulsel tercatat 37,9 derajat Celcius pada 9 Oktober 2014 dan 37,6 derajat celcius di 22 Oktober 1994.

2. Kondisi suhu ekstrem masih berpotensi terjadi di akhir Oktober

Tanpa El Nino, Makassar Capai Suhu Tertinggi Sepanjang Sejarahplanswift.com

Hartanto menjelaskan, pada Oktober penyinaran matahari berlangsung maksimal. Itu karena matahari tepat tegak lurus dengan wilayah Sulsel. Kulminasi atau penyinaran tegak lurus.

Kondisi suhu ekstrem dipengaruhi oleh intensitas radiasi matahari yang mencapai maksimum, tidak ada tutupan awan signifikan dan angin timuran yang menguat.

"Kondisi suhu ekstrim yang lebih dari 35 Celcius diprediksikan masih akan terjadi selama bulan oktober ini," ucapnya.

3. Masyarakat diimbau minum air yang cukup

Tanpa El Nino, Makassar Capai Suhu Tertinggi Sepanjang SejarahPixabay.com/95839

BMKG mengimbau masyarakat Makassar dan sekitarnya minum air putih yang cukup. Suhu ekstrem biasanya rentan membuat orang dehidrasi.

Pada musim kemarau, kelembapan udara juga cenderung rendah. Dengan suhu yang juga ekstrem, patut diwaspadai terjadinya kebakaran. Masyarakat juga diimbau menjaga kesehatan.

Baca Juga: Kemarau Panjang, Bencana Kekeringan Melanda Tiga Kecamatan di Maros

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya