Comscore Tracker

Sulsel Target Habiskan Stok Vaksin COVID-19 Pekan Depan

Upaya mencegah lonjakan kasus jelang momen tahun baru

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan agar stok vaksin COVID-19 habis terpakai dalam satu pekan ke depan. Dengan harapan, terbentuknya kekebalan kelompok bisa dipercepat.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, percepatan vaksinasi jadi upaya mencegah meningkatnya kasus COVID-19 pada momen libur perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Stok vaksin 600 ribu dosis bisa kita selesaikan di bulan ini dengan melibatkan seribu nakes (tenaga kesehatan) dari tujuh rumah sakit, termasuk dari kampus, instansi vertikal, dan rumah sakit swasta," kata Sudirman dikutip dari Antara, Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga: Satgas COVID Sulsel: Jika Omicron Terdeteksi di Jakarta, Kita Waspada

1. Lima daerah dengan capaian terendah jadi sasaran utama

Sulsel Target Habiskan Stok Vaksin COVID-19 Pekan DepanIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sudirman berharap dukungan seluruh pihak untuk saling bahu-membahu melakukan vaksinasi. Khususnya di lima kabupaten dengan capaian vaksinasi terendah, yakni Jeneponto, Luwu Utara, Bone, Sinjai, dan Bantaeng.

Selain itu, masih ada daerah lain yang terbilang rendah capaian vaksinasinya, seperti Kabupaten Gowa yang berbatasan langsung dengan ibu kota provinsi, Makassar.

"Kami minta kita sasar lima daerah terbawah. Jadi tidak ada lagi kuota, semua sama yang penting kita habiskan stok," ucapnya.

2. Vaksinasi diakui sulit mencapai target

Sulsel Target Habiskan Stok Vaksin COVID-19 Pekan DepanPlt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. (Dok. IDN Times/Istimewa)

Rencananya, kata Plt Gubernur, percepatan pelaksanaan vaksinasi di lima daerah terbawah ini mulai dilaksanakan pada Sabtu (4/12/2021) hingga tujuh hari ke depan. Andi Sudirman meminta kepada Dinas Kesehatan, Kodam XIV Hasanuddin dan Polda Sulsel, serta BIN Sulsel bersinergi menggelar kegiatan vaksinasi.

"Kita harus berusaha meskipun agak susah, dari 48 persen capaian vaksinasi ke 70 persen target capaian. Tapi kita targetkan menghabiskan 600 ribu stok vaksin di lima daerah terbawah," katanya.

3. Capaian vaksinasi COVID-19 di Sulsel

Sulsel Target Habiskan Stok Vaksin COVID-19 Pekan DepanIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Menurut data Kementerian Kesehatan per Jumat, 3 Desember 2021, capaian vaksinasi dosis pertama di Sulsel baru berkisar 48,9 persen dari target. Dengan rincian pemberian vaksinasi bagi 3.454.392 orang dari target 7.058.141 jiwa.

Capaian vaksinasi dosis lengkap atau kedua lebih rendah. Yakni 2.255.712 orang atau 31,96 persen dari target.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Sulsel Masih 42,92 Persen

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya