Srikandi Ganjar Sulsel Ajak Perempuan Muda Ciptakan Peluang Usaha

Srikandi Ganjar galang dukungan lewat kegiatan kreatif

Makassar, IDN Times - Kelompok relawan Srikandi Ganjar Pranowo terus mendorong ide-ide kreatif dan inovatif yang diharapkan berdampak positif bagi masyarakat, terutama perempuan muda. Kali ini, Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Komunitas Berkebun Samata mengadakan kegiatan workshop pembuatan teh probiotik alias kombucha, sebagai salah satu inspirasi ide usaha.

Kegiatan "Composting dan Workshop Membuat kombucha" digelar Kebun Tetangga Samata, Kecamatan Bonto Marannu, Kabupaten Gowa, Selasa (21/3/2023). Dalam kegiatan tersebut, peserta diajak untuk membuat kombucha dengan menggunakan wadah toples dan mencampurkan sejumlah bahan seperti teh, starter, dan scoby.

"Kombucha merupakan teh fermentasi yang kita olah menggunakan scoby yang difermentasikan kurang lebih 14 hari. Jadi memang benar-benar kita mengasah keterampilan milenial," ujar Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Sulsel, Nurul Awainah, dalam keterangan persnya, Rabu (22/3/2023).

1. Olahan teh kombucha bisa jadi ide segar peluang bisnis baru

Srikandi Ganjar Sulsel Ajak Perempuan Muda Ciptakan Peluang UsahaSrikandi Ganjar Sulsel menggelar pelatihan tentang pengolahan teh kombucha sebagai ide peluang usaha bagi perempuan muda. (Dok. Istimewa)

Kombucha adalah minuman teh probiotik yang dihasilkan dari proses fermentasi campuran teh, gula, dan scoby (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast) selama beberapa hari. Scoby berbentuk cakram dan terdiri dari koloni bakteri dan ragi yang bekerja sama untuk mengubah gula menjadi asam organik, seperti asam asetat, asam laktat, dan asam gluconic.

Kombucha memiliki rasa yang asam dan sedikit manis, serta kaya akan nutrisi dan probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Kombucha dapat dinikmati sebagai minuman sehat atau ditambahkan dengan buah-buahan atau rempah-rempah untuk menambah rasa dan manfaatnya.

Nurul mengatakan bahwa para peserta bisa menambahkan beberapa potongan buah segar seperti nanas, dan lain-lain untuk memperkaya rasa dari kombucha. Selain edukasi, Nurul berharap inovasi membuat produk olahan kombucha ini dapat menjadi ide segar para perempuan milenial menjadikan peluang bisnis baru khususnya di Kabupaten Gowa.

"Memang betul bisa menjadi peluang usaha karena teh ini banyak sekali untuk kesehatan karena mengandung anti oksidan yang tinggi, utamanya bisa diminum juga untuk penderita kanker," ungkap Nurul.

2. Peserta tertarik dengan edukasi seputar perkebunan

Srikandi Ganjar Sulsel Ajak Perempuan Muda Ciptakan Peluang UsahaKomunitas relawan Srikandi Ganjar Sulsel memanfaatkan kegiatan kreatif untuk menggalang dukungan bagi Ganjar Pranowo sebagai kandidat calon presiden. (Dok. Istimewa)

Selain dilatih seputar pengembangan olahan teh kombucha, peserta juga diajak untuk merasakan esensi berkebun. Antara lain dengan memetik kembang telang yang kaya akan manfaat bagi tubuh.

Salah satu peserta, Siti Arbainah atau akrab disapa Ina (21) mengaku kegiatan ini bisa menginspirasi muda-mudi lebih berdaya. Selain bisa jadi ide bisnis, pengetahuan yang didapat juga bermanfaat untuk diri sendiri dalam hal menjaga daya tahan tubuh.

"Tadi diperkenalkan tanaman bunga telang terus kaya ini kombucha yang bermanfaat. Kombucha itu ternyata bagus untuk kesehatan. Kayanya menarik sih untuk dikembangkan (menjadi bisnis)," ucap Ina.

3. Srikandi Ganjar Sulsel sosialisasi lewat kegiatan kreatif

Srikandi Ganjar Sulsel Ajak Perempuan Muda Ciptakan Peluang UsahaKetua relawan Srikandi Ganjar Sulsel Nurul Awainah. (Dok. Istimewa)

Kegiatan kreatif merupakan salah satu upaya relawan Srikandi Ganjar Sulsel bersosialisasi tentang kandidat calon presiden Ganjar Pranowo. Nurul Awainah mengatakan, pihaknya terus berupaya mendekatkan sosok Ganjarmelalui berbagai acara di seluruh wilayah Sulsel.

"Di setiap kota kami selalu mengabarkan kepada teman-teman milenial atau perempuan milenial kalau kami adalah Srikandi Ganjar, garda terdepan yang akan mendukung Ganjar Pranowo Presiden 2024," tuturnya.

Nurul mengatakan, dalam aktivitasnya, relawan tidak sulit memperkenalkan ketokohan Ganjar. Sebab Ganjar disebut dikenal ramah dan dekat dengan semua kalangan, sehingga mendapat tempat tersendiri di masyarakat.

"Srikandi Ganjar Sulsel akan membuat kegiatan-kegiatan yang keren dan kreatif untuk membangun kreatifitas di kalangan milenial," kata Nurul.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya