Comscore Tracker

Relawan Jaringan Desa untuk Ganjar Lebarkan Sayap ke Makassar

Konsolidasi dukungan di Makassar didominasi anak muda

Makassar, IDN Times - Kelompok relawan Jaringan Desa untuk Ganjar alias Des Ganjar melebarkan sayap ke berbagai daerah. Kelompok itu menggelar konsolidasi di Anjungan Pantai Losari Makassar, Minggu (7/8/2022).

Relawan yang membentuk Des Ganjar Makassar menyatakan dukungannya bagi Ganjar Pranowo untuk bertarung di Pemilihan Presiden 2024. Panitia menyebut konsolidasi diikuti sekitar tiga ribu relawan.

"Antusias masyarakat Makassar tak terduga. Dari sedikit pamflet yang kami sebar, ternyata ada ribuan warga yang hadir di sini untuk menyatakan dukungan untuk Pak Ganjar dan mengikrarkan diri sebagai relawan. Sebagian mereka datang dari 136 komunitas pemuda dan UMKM," kata Ketua Des Ganjar Makassar, Rudini  lewat keterangan persnya, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Relawan Mak Ganjar Zikir Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden

1. Des Ganjar menggalang kelompok anak muda

Relawan Jaringan Desa untuk Ganjar Lebarkan Sayap ke MakassarGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram.com/@ganjar_pranowo)

Rudini mengatakan, mayoritas relawan Des Ganjar Makassar dari kalangan anak muda. Mereka disebut tertarik bergabung karena terinspirasi dengan beragam program yang digagas Ganjar selama memimpin Jawa Tengah. Di antaranya Lapak Ganjar bagi UMKM, Hetero Space demi meningkatkan skill entrepreneurship kaum milenial, pendidikan gratis, hingga beasiswa ke luar negeri.

"Kami berawal dari komunikasi kecil-kecilan bagaimana mengembangkan potensi anak-anak muda, UMKM dan kebudayaan yang ada di Makassar. Setelah kami melihat program-program yang digagas Pak Ganjar, itulah cita-cita kalangan muda di Makassar agar di bawa menjadi program nasional," kata Rudini.

2. Sosialisasi dukungan berbasis komunitas

Relawan Jaringan Desa untuk Ganjar Lebarkan Sayap ke MakassarJalan santai jadi rangkaian deklarasi relawan Des Ganjar Makassar, Sulawesi Selatan. (Dok. Istimewa)

Rudini menyebut, masyarakat akar rumput banyak yang mendukung Ganjar karena karakternya yang jujur dan apa adanya dalam memimpin. Dia mengutip slogan Ganjar, “Suara rakyat adalah suara Tuhan, tuanku ya rakyat dan jabatan cuma mandat.”

"Harapan kami pemimpin itu sosok yang sederhana, karena di Indonesia ini kami perlu pemimpin yang sederhana, humoris, tetapi juga tegas, egaliter merangkul masyarakat, dan demokratis menampung suara rakyat dalam memimpin negara," ujar Rudini.

Rudini berkomitmen akan melanjutkan sosialisasi dengan mengedepankan pola berbasis komunitas. Dia ingin menjaring lebih banyak suara-suara masyarakat untuk mendukung Ganjar Pranowo jadi presiden.

"Suara-suara masyarakat Makassar ini lebih besar di dalam komunitas, bahkan persentasenya 80 persen. Oleh karenanya, kami akan masuk ke sana dan masyarakat luas," kata Rudini.

3. Deklarasi berlanjut ke daerah lain di Sulsel

Relawan Jaringan Desa untuk Ganjar Lebarkan Sayap ke MakassarGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Ketua Des Ganjar Sulawesi Selatan Muhammad Darwis menyebut Ganjar sangat diterima oleh masyarakat hingga desa di pelosok. Alasannya, tak lain karena kepedulian dan kepekaan Ganjar terhadap masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah.

"Kedekatannya dengan masyarakat yang membuat mereka tersentuh. Alhamdulillah di Makassar juga masyarakat menyambut antusias kehadiran Des Ganjar dan mendukung beliau," ucap Darwis.

Darwis berharap, Des Ganjar dapat menjadi pemersatu aspirasi rakyat dalam mendukung Ganjar Presiden 2024. Caranya, melalui blusukan ke desa-desa di wilayah Sulsel.

"Kalau program Des Ganjar Sulsel tetap konsisten turun ke kabupaten, terutama ke desa-desa karena Pak Ganjar peduli dengan desa, dia peduli tentang masyarakat desa dan masyarakat paling banyak di desa," kata Darwis.

Baca Juga: ProJo Bakal Gelar Musra di Bandung, Usul Nama Capres ke Jokowi

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya