Prabowo Subianto Rombak Gerindra Sulsel, Termasuk Ketua

Di Pilpres 2019, Prabowo meraih suara mayoritas di Sulsel

Makassar, IDN Times - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merombak kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah Gerindra Sulawesi Selatan. Dia menunjuk Andi Iwan Darmawan Aras sebagai ketua DPD, menggantikan Andi Idris Manggabarani.

Penggantian ketua Gerindra Sulsel tertuang dalam Surat Keputusan DPP Gerindra Nomor: 10-0684/Kpts/DPP-GERINDRA/2019, tertanggal 31 Oktober 2019. Dalam SK yang beredar, tertuang daftar susunan pengurus DPD Partai Gerindra Sulsel, dengan sekretaris Darmawangsa Muin.

Andi Iwan Darmawan Aras yang dikonfirmasi melalui telepon, membenarkan soal penggantian pengurus Gerindra Sulsel. Dia mengaku dapat penugasan sebagai ketua.

“Saya dapat penugasannya. Kalau SK-nya, per 31 Oktober,” kata Iwan, Jumat (15/11).

Baca Juga: Pilkada 12 Daerah di Sulsel Tahun 2020, Ini 4 Faktanya

1. Iwan ditugaskan mendorong kader di pilkada serentak

Prabowo Subianto Rombak Gerindra Sulsel, Termasuk KetuaFacebook Iwan Darmawan

Ketua Gerindra Sulsel yang baru, Andi Iwan Darmawan Aras merupakan legislator wakil Sulsel di DPR-RI. Dia lolos ke Senayan dalam dua periode terakhir, dan pernah menjabat wakil ketua DPD Gerindra Sulsel.

Iwan menyatakan dia ditunjuk sebagai ketua untuk membesarkan Gerindra di Sulsel. Oleh DPP, dia ditarget meningkatkan pencapaian kursi Gerindra di parlemen pada pemilihan umum berikutnya. Selain itu, Gerindra diharapkan bisa lebih banyak berkompetisi di pilkada.

Pada Pilkada Serentak 2020, Iwan menyatakan partainya akan memprioritaskan kader sebagai calon usungan di setiap daerah. Dia menilai keberhasilan partai hanya bisa diklaim dengan mengandalkan kader sendiri.

“Kita ingin menempatkan kader-kader kita di eksekutif. Tidak bisa mengklaim keberhasilan partai dengan mengusung kader orang, jadi benar-benar orang yang diangkat adalah kader Gerindra,” ucapnya.

2. Idris Manggabarani "antarkan" Prabowo raup suara terbanyak di Sulsel

Prabowo Subianto Rombak Gerindra Sulsel, Termasuk KetuaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/

Sebelum perombakan pengurus, Andi Idris Manggabarani memimpin DPD Partai Gerindra Sulsel selama dua tahun lebih. Dia dilantik menggantikan La Tinro La Tunrung pada Januari 2017.

Selama menjabat, Idris mencatatkan sejumlah prestasi di Gerindra Sulsel. Pada Pemilihan Umum 2019, Gerindra mempertahankan jumlah sebelas kursi dan jatah wakil ketua di DPRD Sulsel. Di saat yang sama, sejumlah parpol mengalami penurunan jumlah kursi.

Pada pemilihan presiden di tahun yang sama, Gerindra Sulsel juga berperan mengantarkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno meraih suara dominan. Menurut rekapitulasi KPU pada tingkat provinsi, Prabowo-Sandi meraih 2,8 juta lebih suara di Sulsel. Perolehan itu unggul 691.802 suara atas Joko Widodo-Ma’ruf Amin, yang mengumpulkan 2,1 juta lebih suara di Sulsel.

Baca Juga: Ini Hasil Lengkap Pilpres 2019!

3. Gerindra Sulsel dianggap butuh energi baru

Prabowo Subianto Rombak Gerindra Sulsel, Termasuk KetuaIDN Times/Istimewa

Dihubungi terpisah, Andi Idris Manggabarani turut membenarkan soal penggantian posisi ketua Gerindra Sulsel. Dia sendiri bakal menempati posisi baru sebagai ketua dewan penasihat Gerindra Sulsel.

Menurut Idris, keputusan DPP merombak pengurus sudah tepat. Sebab Gerindra Sulsel akan dihadapkan pada agenda pilkada serentak di 12 daerah. Pada ajang tersebut, Gerindra memasang target menang di semua daerah. Namun sejauh ini belum ada agenda pelantikan pengurus yang baru.

“Kita berharap lebih cepat lebih baik, karena pilkada sudah dekat. Kita butuh energi baru seperti Iwan Aras, saya kira ini bagus sekali untuk ke depan,” katanya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya