PLN Sulselrabar Nyalakan Listrik 449 Keluarga Tidak Mampu

Sambungan listrik gratis melalui program Light Up The Dream

Makassar, IDN Times - PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) menyalakan listrik bagi 449 keluarga tidak mampu dalam rangka semarak HUT ke-78 Republik Indonesia.

Penyambungan listrik tersebut merupakan bagian dari program Light Up The Dream. Sebuah program yang digagas oleh insan PLN berupa pengumpulan donasi yang sudah banyak membantu masyarakat pra ssejahtera untuk mendapatkan sambungan listrik gratis. Pada momen yang sama, total ada 1400 penyambungan listrik bagi keluarga tidak mampu se-Indonesia.

Moch. Andy Adchaminoerdin, General Manager PLN UID Sulselrabar mengatakan, program Light Up The Dream dari PLN jadi salah satu cara membantu masyarakat yang belum tercatat mendapatkan bantuan dari pemerintah. Program ini merupakan hasil donasi dari insan PLN yang menyisihkan sebagian rejekinya untuk dapat dikelola agar masyarakat bisa mendapatkan listrik.

“PLN melalui program Light Up The Dream ini membantu mengisi celah-celah yang belum terjangkau oleh pemerintah... Light Up The Dream adalah patungan dari rekan-rekan kerja yang menyisihkan sebagian rejekinya untuk dikelola agar masyarakat bisa mendapatkan listrik,” kata Andy dalam keterangan persnya yang dikutip, Kamis (24/8/2023).

Baca Juga: HUT ke-78 RI, PLN Sulselrabar Hadirkan Listrik di Tiga Desa Terpencil

1. Bantuan listrik diharapkan mendorong masyarakat penerima lebih produktif

PLN Sulselrabar Nyalakan Listrik 449 Keluarga Tidak MampuPLN menyalakan listrik bagi keluarga kurang mampu melalui program Light Up The Dream. (Dok. PLN UID Sulselrabar)

Pada seremoni di Kampung Lette, Tanjung Merdeka, Makassar, Andy menyatakan ikut berbahagia karena bisa lebih banyak masyarakat menikmati listrik. Dia berharap listrik bisa digunakan dengan bijak.

“Listrik sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok, sehingga PLN memandang perlunya pemerataan listrik ke seluruh lapisan masyarakat. Kami berbahagia melihat senyum pelanggan yang sekarang bisa menikmati listrik, sehingga nantinya bisa berimbas kepada masyarakat yang makin produktif dan bahagia," katanya.

"Saya juga memberikan apresiasi kepada karyawan dan karyawati atas peran, serta kerelaannya dalam menyisihkan sebagian rejekinya untuk program ini. Semoga listrik yang terpasang ini dapat digunakan sebaik dan sebijak mungkin,” dia melanjutkan.

Andi Sofyar Bau Djemma, Lurah Tanjung Merdeka yang juga hadir di acara tersebut menyampaikan terima kasih karena kini masyarakat di wilayahnya sudah bisa menikmati listrik. “Kini masyarakat kami bisa menikmati listrik. Karena bantuan dari PLN, masyarakat yang dulu kalau malam tiba harus gelap gulita, sekarang sudah bisa merasakan terang di rumahnya,” ujarnya.

2. Semangat berbagi lewat program Light Up The Dream

PLN Sulselrabar Nyalakan Listrik 449 Keluarga Tidak MampuIlustrasi meteran listrik (dok. PLN)

Acara penyalaan serentak digelar pada Selasa 22 Agustus 2023, yang dibuka dengan opening speech, diantaranya oleh Edi Srimulyanti, Direktur Niaga dan Retail. Pada kegiatan yang berlangsung daring, Edi menyampaikan bahwa program Light Up The Dream ini berkomitmen untuk membantu masyarakat pra sejahtera menikmati listrik. Melalui program ini, insan PLN dapat melihat indahnya berbagi kepada masyarakat untuk memberikan harapan baru.

“Light Up The Dream berkomitmen membantu masyarakat pra sejahtera untuk menikmati listrik. Melalui Light Up The Dream, kita bisa menikmati indahnya berbagi kepada masyarakat luas untuk memberikan harapan baru. Dengan menggunakan listrik, anak-anak bisa belajar dengan baik, masyarakat bisa beribadah dan bekerja lebih produktif,” ujar Edi dalam sambutannya.

“Kebahagiaan sesungguhnya adalah bahagia saat menyaksikan orang lain berbahagia, dan ada andil kita dalam di dalamnya,” imbuhnya.

3. Masih ada rumah belum teraliri listrik

PLN Sulselrabar Nyalakan Listrik 449 Keluarga Tidak MampuPetugas PLN sedang memasang meteran listrik di rumah warga tidak mampu. (Dok. PLN)

Pada kesempatan ini PLN UID Sulselrabar menggelar seremonial pelaksanaan penyalaan serentak di dua tempat yaitu di Desa Wolo, Kolaka utara dan Kampung Lette, Tanjung Merdeka, Makassar. Acara ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan berupa sembako kepada masyarakat setempat oleh Yayasan Baitul Maal (YBM) – PLN UID Sulselrabar.

Muhammad Jayadin, Wakil Bupati Kabupaten Kolaka memberikan testimoni mewakili masyarakat yang sudah menerima bantuan. Dia menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan yang telah diberikan PLN UID Sulselrabar.

"Berkat PLN, sebanyak kurang lebih 48 masyarakat kami kini bisa menikmati listrik. Bayangkan sudah 78 tahun Merdeka, tetapi masih ada masyarakat di sini, di Kolaka yang belum bisa menikmati listrik. Dengan adanya Light Up The Dream, kini masyarakat kami bisa menikmati listrik dan penerangan di malam hari," katanya.

Baca Juga: Srikandi Tangguh PLN Berperan Terangi Daerah 3T

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya