Pekan Depan, NasDem Serahkan Rekomendasi untuk Calon Kepala Daerah  

Diagendakan pada rapat koordinasi khusus di Makassar

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem mengagendakan rapat koordinasi khusus di Makassar, Sulawesi Selatan, 25-26 Januari 2020. Salah satu agendanya adalah penyerahan rekomendasi untuk kandidat yang didukung di pemilihan kepala daerah serentak.

Rakorsus yang akan dipusatkan di Celebes Convention Center (CCC) rencananya dihadiri pengurus NasDem se-Indonesia. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dijadwalkan hadir bersama 72 pengurus DPP dan seluruh anggota fraksi di DPR RI. 

“Dari 12 pilkada di Sulsel, mungkin ada beberapa rekomendasi yang akan kita serahkan,” kata Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif di Makassar, Jumat (17/1).

Baca Juga: Tiga Calon Perseorangan Ramaikan Pilkada Makassar

1. Rekomendasi tidak mesti untuk kandidat yang berpasangan

Pekan Depan, NasDem Serahkan Rekomendasi untuk Calon Kepala Daerah  Ilustrasi surat suara pilkada. IDN Times/Sukma Shakti

NasDem belum mengumumkan siapa saja kandidat yang bakal mereka dukung pada pilkada serentak di Sulsel. Penjaringan kandidat yang digelar di masing-masing daerah, juga masih berproses.

Syahar mengatakan, partainya menerbitkan rekomendasi untuk daerah yang proses penjaringannya telah rampung. Namun rekomendasi belum tentu memuat bakal wakil, karena soal itu masih menunggu koalisi.

“Yang sudah ada (pasangan), tentu kita beri rekomendasi. Kalau belum ada, kita juga tetap kasih, atau memilih menunggu sampai ada pasangannya,” ucap Syahar.

2. Penentuan calon jadi wewenang DPP NasDem

Pekan Depan, NasDem Serahkan Rekomendasi untuk Calon Kepala Daerah  Ketua DPW Partai NasDem Sulsel Rusdi Masse. IDN Times/Istimewa

Hasil survei menjadi salah satu bahan pertimbangan NasDem untuk memberikan rekomendasi pencalonan di pilkada. Penetapan soal calon dukungan partai akan ditentukan pada tingkat pusat atau DPP.

Syahar belum menyebutkan siapa saja di antara kandidat kepala daerah di Sulsel yang akan didukung oleh NasDem. Dia enggan melampaui kewenangan DPP.

3. Rakorsus di Makassar jadi ajang konsolidasi akbar

Pekan Depan, NasDem Serahkan Rekomendasi untuk Calon Kepala Daerah  (Ketum Partai NasDem Surya Paloh) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Rakorsus Partai NasDem di Makassar akan jadi ajang kumpul kader se-Indonesia. Bakal digelar konsolidasi dengan menghadirkan pimpinan struktur partai dari 34 provinsi, beserta legislator dari seluruh daerah. 

Konsolidasi juga bakal dihadiri kader yang tersebar di tingkat kabupaten (DPD), kecamatan (DPC), dan kelurahan (Ranting). Demikian pula anggota sayap partai. Jumlah pesertanya diperkirakan mencapai 25 ribu orang.

“Konsolidasi dihadiri sekitar 3.087 ketua-ketua ranting se-Sulsel, dan 15 ribu kader NasDem se-Sulsel,” ujar Syahar.

Baca Juga: Rusdi Masse Unggah Foto Kandidat di 5 Daerah, Isyarat Paket NasDem?  

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya