Comscore Tracker

Pakaian dan Pin Emas Legislator Sulsel Dianggarkan Rp2,4 Miliar

Anggota Dewan dapat empat pasang pakaian dan tiga pin emas

Makassar, IDN Times - Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan menganggarkan belanja senilai Rp2,45 miliar untuk kebutuhan 85 legislator terpilih periode 2019-2024. Nilai itu untuk pengadaaan pakaian dan atribut legislator.

Menurut data Sekretariat DPRD Sulsel, pagu anggaran terbagi dalam empat item belanja. Masing-masing pakaian dinas harian (PDH), pakaian sipil harian (PSH), pakaian sipil resmi (PSR), serta pakaian sipil lengkap (PSL) dilengkapi atribut pin emas.

Anggaran ini tergolong paket pengadaan belanja habis pakai. Sekretariat DPRD membenarkan, dengan menyatakan paket ini telah selesai proses tender dan dimenangkan oleh CV Harapan, yang berdomisili di Makassar.

"Sudah ada pemenangnya," kata Sekretaris DPRD Sulsel Muhammad Jabir di Makassar, Kamis (13/6). 

1. Spesifikasi pakaian disebut setara merk luar negeri

Pakaian dan Pin Emas Legislator Sulsel Dianggarkan Rp2,4 Miliarmanchestereveningnews.co.uk

Dalam pagu anggaran yang diterima IDN Times, terlihat secara rinci harga pengadaan pakaian untuk legislator DPRD Sulsel. Pagu termurah sebesar Rp187 juta untuk pakaian dinas harian lengan panjang. Setiap legislator dapat satu pasang pakaian seharga Rp2,2 juta dengan spesifikasi wool, yang disebutkan setara Giorgio Armani.

Pada bagian lain, terdapat pagu untuk belanja pakaian sipil harian sebesar Rp467,5 juta. Dengan spesifikasi wool setara Hermes, pakaian ini dianggarkan Rp2,75 juta per satuan, dan akan dibagikan masing-masing dua pasang untuk setiap legislator.

Terdapat pula pakaian sipil resmi seharga Rp233 juta lebih. Masing-masing legislator dapat satu pasang dengan harga Rp2,75 juta.

2. Legislator dapat tiga jenis pin emas

Pakaian dan Pin Emas Legislator Sulsel Dianggarkan Rp2,4 MiliarAntara Foto/Yudhi Mahatma

Baca Juga: DPRD Sulsel Bakal Diisi Mayoritas Wajah Baru, Ini Plus Minusnya

Pagu terbesar pada belanja pakaian berlaku untuk pakaian sipil lengkap, yakni senilai Rp1,5 miliar lebih. Pagu ini terdiri atas belanja 85 pasang pakaian wool setara Gucci, yang masing-masing seharga Rp4,95 juta.

Pada pagu ini juga terdapat anggaran belanja tiga macam pin emas 23 karat bagi setiap legislator. Masing-masing Pin Anggota DPRD tiga gram senilai total Rp318 juta lebih, Pin Anggota DPRD lima gram senilai Rp191 juta lebih, serta Pin Phinisi sepuluh gram dengan anggaran Rp637,5 juta.

Jabir mengatakan, usai tawar-menawar saat proses tender, jumlah total anggaran yang dibutuhkan berkurang menjadi Rp2.366.451.000

3. Anggaran pelantikan disiapkan Rp200 juta

Pakaian dan Pin Emas Legislator Sulsel Dianggarkan Rp2,4 MiliarSekretaris DPRD Sulsel M Jabir (IDN Times/Aan Pranata)

Baca Juga: Ini 3 Langkah Nurdin Abdullah yang 'Tak Sejalan' dengan DPRD Sulsel

Selain pakaian dan atribut, Sekretariat DPRD Sulsel juga mempersiapkan anggaran untuk upacara pelantikan legislator terpilih periode 2019-2024. Kegiatan rencananya digelar September mendatang. 

Pada pelantikan nanti, diperkirakan akan hadir seribu tamu undangan. "Anggaran makan minum dam dekorasi mungkin hanya Rp200 juta lebih," ucap Jabir.

4. Penetapan caleg terpilih tunggu sengketa di MK

Pakaian dan Pin Emas Legislator Sulsel Dianggarkan Rp2,4 MiliarKetua KPU Sulsel Misna Attas (IDN Times/Aan Pranata)

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019, melalui rapat pleno terbuka di Hotel Harper Makassar, 18 Mei lalu. Penetapan termasuk rekapitulasi hasil Pemilihan Anggota DPRD Sulsel dari sebelas daerah pemilihan.

Ketua KPU Sulsel Misna M Attas mengatakan, rekapitulasi sudah menggambarkan daftar peserta Pemilu dengan suara terbanyak termasuk calon anggota legislatif. Namun hingga kini belum ada penetapan resmi pemenang caleg terpilih sebab KPU akan menunggu selesainya gugatan hasil Pemilu di Mahkamah Konstitusi.

“Calon terpilih nanti ada hasil MK terhadap gugatan. Kurang lebih sebulan waktu menggugat. Apabila tidak ada sanggahan, maka akan cepat lagi (penetapan),” ucap Misna di Makassar, beberapa waktu lalu.

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You