Nurdin Abdullah Siap Jadi Penerima Vaksin COVID-19 Pertama di Sulsel

Vaksinasi pertama dijadwalkan 13 Januari 2021

Makassar, IDN Times – Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menyatakan telah mendaftarkan diri untuk menerima vaksinasi COVID-19. Rencananya, dia jadi penerima vaksin pertama di Sulsel pada 13 Januari 2021 mendatang.

Nurdin mengatakan, dia masuk daftar penerima vaksin pertama bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sulsel dan tenaga kesehatan. Seperti diketahui, vaksin yang diproduksi Sinovac tengah menunggu izin edar darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Saya, Pak Kapolda, Pangdam, dan jajaran tenaga kesehatan yang lain akan kita mulai tanggal 13,” kata Nurdin dalam siaran persnya dari Watampone, Bone, Sabtu (9/1/2021).

Baca Juga: PPNI Sulsel: Mayoritas Perawat Siap Divaksin COVID-19

1. Vaksinasi menunggu izin BPOM

Nurdin Abdullah Siap Jadi Penerima Vaksin COVID-19 Pertama di SulselSetkab.go.id

Gubernur berharap vaksinasi berjalan lancar, dan semua masyarakat bisa menerima vaksin. Dengan begitu, kasus COVID-19 bisa terus menurun. Dia menyatakan tengah menunggu izin dari BPOM, yang jadi dasar boleh tidaknya penggunaan vaksin Sinovac.

"Kita sudah mendaftar semua, kita masih menunggu ijin edar dari Badan POM, karena saat ini sudah masuk uji klinis. Mudah-mudahan ini selesai dan dinyatakan tidak ada masalah, tentu kita siap semua untuk dilakukan vaksin," ucap Nurdin.

2. Vaksin buatan Sinovac dijamin aman dan halal

Nurdin Abdullah Siap Jadi Penerima Vaksin COVID-19 Pertama di SulselIlustrasi vaksin COVID-19 buatan Sinovac (Dokumentasi Sinovac)

Gubernur Nurdin juga mengimbau masyarakat mencari sumber informasi resmi dari pemerintah mengenai vaksin. Masyarakat diminta tidak terbuai dengan berita-berita yang tidak bertanggung jawab.

Nurdin menyampaikan, pemerintah telah menjamin vaksin COVID-19 yang dipakai di Indonesia aman. Selain itu, vaksin juga telah mengantongi izin halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Vaksin Sinovac sudah dilakukan uji klinis yang ketiga. Badan POM akan mengeluarkan surat ijin edar, jadi tidak akan mungkin kita melakukan vaksin kalau belum ada uji klinis, MUI sampaikan vaksin ini halal," Nurdin melanjutkan.

3. Paket vaksin gelombang kedua tiba di Sulsel

Nurdin Abdullah Siap Jadi Penerima Vaksin COVID-19 Pertama di SulselVaksin Sinovac (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Pada Jumat siang, 8 Januari 2021, penyaluran paket tahap kedua vaksin COVID-19 buatan Sinovac tiba di Sulsel. Sebanyak 36.640 dosis vaksin dikirim dengan pesawat Garuda Indonesia, dan tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Sebelumnya, 30 ribu dosis vaksin telah terlebih dahulu tiba, Selasa, 5 Januari 2021. Dengan demikian, Sulsel telah menerima 66.640 dosis untuk vaksinasi tahap awal bagi tenaga kesehatan.

Baca Juga: Pembatasan Ketat Kegiatan di Jawa dan Bali Menjadi Warning bagi Sulsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya