Comscore Tracker

Menpora soal Pembangunan Stadion Mattoanging: Kita Fokus Pandemik

Plt Gubernur minta saran dan masukan Menpora

Makassar, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memuji Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang mengupayakan pembangunan kembali Stadion Mattoanging di Makassar. Namun Menpora mengisyaratkan tidak ada bantuan dana untuk proyek itu.

Soal itu disampaikan saat Menpora menerima kunjungan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin, 31 Mei 2021.

"Kita tahu semua kondisi baik di pusat maupun daerah masih diarahkan dalam penanganan pandemi. Satu hal yang membuat kami senang, walaupun di sana konsentrasi tertuju penanganan pandemi, tetapi Pemprov Sulsel tidak melupakan olahraga,” kata Amali dikutip dari laman Kemenpora, Selasa (1/6/2021).

Baca Juga: Demo Suporter Makassar Desak Pembangunan Kembali Stadion Mattoanging

1. Menpora berharap Stadion Mattoanging didesain berstandar FIFA

Menpora soal Pembangunan Stadion Mattoanging: Kita Fokus PandemikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pembangunan Stadion Mattoanging jadi salah satu pembahasan pada pertemuan Menpora dan Plt Gubernur Sudirman. Menpora berharap pembangunan stadion bisa rampung dan bisa digunakan kelak.

Bangunan lama Stadion Mattoanging sudah dibongkar namun sejauh ini belum terlihat progres pembangunan ulang. Stadion merupakan kandang klub sepak bola kecintaan masyarakat Sulsel, PSM Makassar.

Beliau minta saran dan masukan dari kita agar stadion itu bisa menjadi stadion bestandar FIFA, sehingga kalau ada kejuaraan internasional tak perlu mencari tempat lain,” ucap Menpora.

2. Sulsel termasuk sentra pembinaan prestasi olahraga

Menpora soal Pembangunan Stadion Mattoanging: Kita Fokus PandemikSejumlah pemain akademi PSM saat mengikuti sesi latihan bersama PSM Makassar jelang restart Liga 1 2020 di Bosowa Sport Center pada hari Senin (21/9/2020). (Dok. PSM Makassar/Ahmad Alia)

Selain urusan stadion, Menpora juga membahas posisi Sulsel sebagai daerah sentra pembinaan prestasi olahraga. Ada sepuluh daerah di Indonesia yang masuk kategori itu, sesuai grand design olahraga nasional yang tengah dirancang pemerintah. 

"Kita sekarang sedang menunggu penyelesaian Perpres sehingga itu menjadi dasar hukum untuk grand design. Kalau sudah terbit, lebih mudah untuk mengkoordinasikan,” kata Menpora.

Plt Gubernur Sudirman menyampaikan terima kasih kepada Menpora atas perhatiannya mengenai perkembangan olahraga di Sulsel. Dia menyatakan Pemprov siap berkoordinasi dan mendukung rencana program strategis nasional di bidang olahraga.

3. Pemprov tegaskan pembangunan Stadion Mattoanging dilanjutkan

Menpora soal Pembangunan Stadion Mattoanging: Kita Fokus PandemikInstagram.com/andisudirman.sulaiman

Kepada Menpora, Sudirman menyampaikan bahwa Pemprov Sulsel berkomitmen melanjutkan pembangunan kembali Stadion Mattoanging Makassar. Saat ini desainnya tengah dirampungkan, dengan rancangan berkapasitas 20 ribu penonton.

“Kami laporkan, kami juga sudah bertemu dengan suporter PSM dan mendiskusikan ini bahwa Stadion Mattoanging  tetap dilanjutkan dan tentu kami daerah akan bekerja dan bersinergi,” kata Sudirman.

Baca Juga: Polisi Periksa Kontraktor Stadion Mattoanging Pekan Depan

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya