Masih Minim Lansia di Sulsel yang Divaksinasi COVID-19

Vaksinasi lansia baru capai 0,21 persen dari total sasaran

Makassar, IDN Times - Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan melaporkan bahwa capaian vaksinasi COVID-19 pada kelompok lanjut usia masih sangat minim. Padahal kelompok lansia menjadi prioritas utama pada program vaksinasi tahap kedua.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sulsel dr Nurul AR menyebut, sejak 1 hingga 8 Maret 2021, baru 1.597 orang lansia yang disuntik vaksin. Angka itu setara 0,21 persen dari total sasaran 753.303 orang.

Baca Juga: Wamenkes: Efek Samping Vaksinasi Lansia Biasanya Gatal-Gatal

1. Vaksinasi lansia baru digelar di dua kota

Masih Minim Lansia di Sulsel yang Divaksinasi COVID-19Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Nurul mengatakan, vaksinasi terhadap lansia baru berlangsung di dua kota, yakni Makassar dan Parepare. Di Makassar, lansia yang disuntuk berjumlah 1.584 orang, sedangkan di Parepare baru 13 orang.

Dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, 22 daerah belum melaporkan ada lansia yang disuntik vaksin COVID-19. "Sejauh ini laporan yang masuk, kabupaten siap melakukan vaksinasi lansia," katanya.

2. Lansia tetap jadi prioritas di vaksinasi tahap kedua

Masih Minim Lansia di Sulsel yang Divaksinasi COVID-19ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Vaksinasi tahap kedua, kata Nurul, tetap ditujukan bagi sasaran kelompok rentan lainnya. Antara lain petugas publik, mulai dari TNI/Polri, pemuka agama, pelaku media, pekerja pariwisata, ASN, pegawai BUMN, pedagang pasar, dan ritel modern, serta lainnya.

Menurut dr Nurul, vaksinasi tahap kedua juga telah berlangsung di kabupaten/kota pada beberapa tempat dengan tetap menyasar pelayan publik dan lansia. Keterlambatan pada lansia dimungkinkan terjadi karena pada awal vaksinasi, suntik vaksin lansia hanya diinstruksikan digelar di ibu kota provinsi, yakni Kota Makassar.

"Awalnya disebut untuk lansia dan pelayanan publik, tetapi belakangan Kementerian Kesehatan meminta agar lansia diprioritaskan, termasuk di daerah. Ini karena mereka menjadi cukup rentan ditularkan dan menularkan," ujarnya.

3. Sebanyak 1.465 orang tertunda mendapatkan vaksin

Masih Minim Lansia di Sulsel yang Divaksinasi COVID-19Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Hingga saat ini, kata Nurul, vaksinasi pada pelayanan publik di Sulsel sebanyak 27.620 orang atau 3,9 persen dari total sasaran 694.477 orang. Selain itu ada 1.465 orang yang tertunda karena berbagai sebab.

Pelaksanaan pekan vaksinasi masih terus berlangsung pada sejumlah instansi, termasuk pada pusat perbelanjaan dan kantor-kantor pemerintahan.

Baca Juga: Wamenkes: Vaksinasi COVID-19 Lansia Ditargetkan Selesai Juni

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya