Comscore Tracker

Malam Tahun Baru, Wali Kota Makassar Minta Kamu Perbanyak Zikir

Pemkot tidak menggelar pesta agar hemat pengeluaran

Makassar, IDN Times - Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengimbau secara lisan warganya agar menghindari euforia berlebihan dalam merayakan malam pergantian tahun. Daripada berfoya-foya, masyarakat Makassar diminta memperbanyak zikir.

Iqbal menyinggung kebiasaan sebagian masyarakat dalam mengisi malam tahun baru dengan kegiatan. Mulai dari berkumpul bersama, menyalakan petasan, hingga pawai kendaraan.

“Sebaiknya di rumah saja atau ikut serta dalam zikir, jauh lebih baik daripada berfoya-foya di jalan,” kata Iqbal saat menjadi inspektur upacara bendera di halaman Balai Kota Makassar, Senin (30/12).

Baca Juga: Pelatih Baru PSM Makassar Diumumkan Sebelum Tahun Baru

1. Perayaan tahun baru jadi biang kemacetan lalu lintas

Malam Tahun Baru, Wali Kota Makassar Minta Kamu Perbanyak ZikirIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Iqbal menilai, berdiam di rumah saat malam tahun baru lebih bermanfaat. Sebab beraktivitas di luar atau di jalan hanya akan memicu kemacetan lalu lintas.

Tidak merayakan malam tahun baru secara berlebihan, menurut dia, juga berarti menjaga keselamatan diri dan keluarga. Sebab biasanya kegiatan di luar rawan ancaman kriminalitas.

“Saya harap masyarakat Makassar, khususnya semua pegawai lingkup Pemkot Makassar melakukan ini,” ucap Iqbal.

2. Pemkot gelar zikir bersama agar hemat

Malam Tahun Baru, Wali Kota Makassar Minta Kamu Perbanyak ZikirIndpolace/Zakila

Pada malam pergantian tahun, Pemkot Makassar mengagendakan kegiatan doa dan zikir bersama. Menurut Iqbal, kegiatan itu merupakan bentuk refleksi dan evaluasi terhadap apa yang telah dilakukan selama satu tahun belakangan.

Kegiatan bernuansa religi, kata Iqbal, juga bentuk upaya Pemkot Makassar menghemat pengeluaran. Sebab pesta berlebihan dianggap pemborosan.

3. Polisi berlakukan ‘car free night’ di malam tahun baru

Malam Tahun Baru, Wali Kota Makassar Minta Kamu Perbanyak Zikirinstagram.com/nunu_4nwar

Polisi bakal memberlakukan rekayasa lalu lintas di Kota Makassar pada malam pergantian tahun, Selasa (31/12). Malam bebas kendaraan atau 'car free night' bakal diterapkan pada ruas jalan tertentu.

Car free night terutama berlaku pada kawasan di sekitar anjungan Pantai Losari. Kawasan itu selalu jadi tempat berkumpul masyarakat pada setiap malam tahun baru.

Penutupan jalan di jalur tertentu bakal berlaku mulai Selasa (31/12) petang. Lalu lintas kembali normal usai tahun baru, Rabu (1/1) pagi. Polisi bakal memasang rambu dan marka jalan, serta papan imbauan untuk memudahkan pengguna jalan sampai ke tujuan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar Kompol Fatchur Rochman mengatkan, arus lalu lintas dikendalikan secara selektif. Lokasi penutupan jalan merupakan daerah yang biasanya rawan terjadi kesemrawutan atau kemacetan lalu lintas di malam tahun baru.

"Pengalihan arus lalu lintas akan kami lakukan untuk mengurangi kepadatan dan kemacetan," kata Kasat Lantas, di Makassar, Minggu (29/12).

Baca Juga: NPS, Narkoba Baru dari Hong Kong Masuk ke Sulsel Jelang Tahun Baru 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya