La Rewa Jadi Maskot Pilkada Makassar 2020, Ini Maknanya

Ayam jantan dengan pakaian adat warna merah

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar meluncurkan pemilihan wali kota dan wakil wali kota tahun 2020, Jumat (8/11). KPU sekaligus memperkenalkan maskot Pilkada Makassar 2020 bernama La Rewa.

La Rewa ituberupa kartun ayam jantan dengan pakaian adat tradisional Makassar berwarna merah. Pose ayam tengah menendang bola takraw sambil memegang surat suara. Pada sebagian sayapnya terdapat noda tinta berwarna ungu. 

Komisioner KPU Makassar Endang Sari menjelaskan, La Rewa melambangkan sifat-sifat orang Makassar yang ramah, adil, berani, jujur, dan berjiwa kesatria dalam melakukan kebenaran atau kebaikan. Maskot akan digunakan dalam setiap sosialisasi dan tahapan pilkada Makassar.

“Maskot ini menggambarkan ayam yang tersenyum. Artinya, pilkada bukan hanya ajang pertarungan. Tapi ini ajang pesta untuk kita semua,” kata Endang Sari pada peluncuran pilkada, Jumat (8/11) malam.

Mari melihat lebih dekat maskot Pilkada Makassar 2020 berikut maknanya, yang dijelaskan oleh Endang secara detail.

Baca Juga: KPU Targetkan Partisipasi Pilkada Makassar seperti Pilpres 2019

1. Ayam jantan terinspirasi dari julukan Sultan Hasanuddin

La Rewa Jadi Maskot Pilkada Makassar 2020, Ini MaknanyaIDNTimes/Abdurrahman

Pemilihan ayam jantan sebagai maskot terinspirasi dari pahlawan nasional Sultan Hasanuddin yang bergelar ‘Ayam Jantan dari Timur’. Ayam melambangkan keberanian serta kejantanan dalam menegakkan suatu kebenaran.

Warna cokelat bulu ayam melambangkan sifat alami, stabilitas, rasa percaya, aman, dan kejujuran.

2. Pakaian adat warna merah melambangkan sikap kesatria

La Rewa Jadi Maskot Pilkada Makassar 2020, Ini MaknanyaIDN Times/Aan Pranata

La Rewa ditampilkan sebagai ayam jantan dengan pakaian adat dengan warna dominan merah. Baju adat terdiri dari patonro’ atau pasapu, baju kapa’ kapa’, saluara baroci’, lipa’ sa’be, dan badik. 

Secara keseluruhan, pakaian ini melambangkan wibawa, keberanian, dan jiwa kesatria. Badik sebagai senjata tradisional semakin menegaskan bahwa orang Makassar menunjung sikap kesatria dan bertindak sesuai ucapannya.

3. Bola takraw diidentikkan dengan tari paraga

La Rewa Jadi Maskot Pilkada Makassar 2020, Ini MaknanyaANTARA FOTO/Arnas Padda

Pengunaan bola takraw yang dianyam lapis tiga bermakna tari paraga, salah satu kesenian tradisional Makassar. Simbol ini dimaksudkan sebagai pesan untuk berprasangka baik dan berpegang ketulusan.

4. Ekor warna-warni melambangkan keberagaman

La Rewa Jadi Maskot Pilkada Makassar 2020, Ini MaknanyaIDN Times/Aan Pranata

Ekor pada ayam berfungsi menyeimbangkan tubuhnya. Adapun warna yang beraneka ragam menyimbolkan bahwa perbedaan menjadi indah bila memiliki tujuan yang sama.

5. Surat suara sebagai penanda pemilihan umum

La Rewa Jadi Maskot Pilkada Makassar 2020, Ini MaknanyaIDN Times/Sukma Shakti

Ayam La Rewa digambarkan memegang surat suara, dengan salah satu sayap bernoda tinta ungu. Simbol itu identik dengan suara rakyat dalam pemilihan umum, karena menjadi bukti telah menggunakan suara dalam pemilihan.

Baca Juga: Pilkada 12 Daerah di Sulsel Tahun 2020, Ini 4 Faktanya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya