Kakek Pencuri Ternak di Gowa Menyerahkan Diri usai Terekam CCTV

Satu pelaku lain hingga kini masih buron

Makassar, IDN Times - Dua orang pria terduga pelaku pencurian ternak di Kabupaten Gowa menyerahkan diri ke kantor polisi, sebulan setelah kejadian. Mereka menyerahkan diri ke Polsek Bajeng, Polres Gowa, usai aksi pencuriannya terekam kamera CCTV.

Kedua terduga pelaku, masing-masing pria berinisial SG (62 tahun) dan N (42), warga Desa Pabentengan, Kecamatan Bajeng, Gowa. Mereka dikaitkan dengan aksi pencurian satu ekor sapi donggala.

Kapolsek Bajeng AKP Alhabsi mengatkaan, dua pria itu merupakan terduga pelaku pencurian ternak di Desa Paraikatte, Kecamatan Bajeng, pada bulan April 2022 lalu. Mereka menyerahkan diri satu bulan berselang, tepatnya Selasa (17/5/2022).

"Keduanya mencuri satu ekor sapi donggala jenis kelamin betina, sempat terekam CCTV saat melancarkan aksinya," kata Kapolsek Bajeng AKP Alhabsi, Rabu (18/5/2022).

1. Pelaku mencuri sapi dari kandang

Kakek Pencuri Ternak di Gowa Menyerahkan Diri usai Terekam CCTVKapolsek AKP Alhabsi. (Dok. Istimewa)

Kapolsek AKP Alhabsi mengatakan, pencurian sapi dilaporkan korban yakni pemilik sapi bernama Saparuddin (42), pada 11 April 2022.

Kapolsek mengatakan, pada Minggu 10 April 2022, korban terbangun dan mengeluarkan sapinya. Namun sapi itu sudah tidak ada di kandangnya.

"Jadi setelah itu korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Bajeng," kata Kapolsek.

2. Satu pelaku masih dikejar

Kakek Pencuri Ternak di Gowa Menyerahkan Diri usai Terekam CCTVIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepada polisi, kedua pelaku mengakui perbuatannya. Saat kejadian, mereka beraksi bersama satu orang rekan berinisial BN yang kini masih buron.

"Keduanya yakni SG berperan sebagai penuntun sapi dari belakang dan N menarik dan menuntun sapi tersebut bersama BN yang masih buron hingga saat ini. Kedua pelaku tersebut mengakui baru pertama kali melakukan aksi pencurian dan diajak oleh BN," kata Kapolsek.

3. Pelaku lain diminta segera menyerahkan diri

Kakek Pencuri Ternak di Gowa Menyerahkan Diri usai Terekam CCTVIlustrasi hewan ternak. (IDN Times/Indiana Malia)

AKP Alhabsi menyatakan kasus ini tetap ditangani secara hukum meski kedua pelaku menyerahkan diri. Dia pun mengimbau seorang pelaku lain yang masih buron agar segera menyerahkan diri.

Polisi bakal menindaki pelaku yang buron secara tegas jika tidak ada itikad baik.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya