Kadishub: Warga Makassar, Berhenti Beri Uang ke Pak Ogah!

Polisi tangkap pak ogah yang mengancam pengendara

Makassar, IDN Times - Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Iman Hud mengimbau masyarakat khususnya pengendara berhenti memberi uang ke anak jalanan pengatur lalu lintas liar alias "pak ogah". 

Iman Hud merespons keresahan masyarakat soal aktivitas pak ogah yang marak di persimpangan atau putaran jalan. Apalagi baru-baru ini viral video pak ogah mengancam pengendara dengan batu.

"Saya mengimbau kepada seluruh pengendara terkhusus warga Kota Makassar untuk tidak memberikan uang kepada para anak jalanan atau "pak ogah" karena mereka akan bertahan selama kita memberikan apa yang mereka mau," kata Iman Hud dalam keterangannya lewat akun Instagram pribadinya, @imanhudberpikir, dikutip Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: Pertamina: Makassar Tidak Terdampak Kelangkaan Pertalite

1. Pak ogah terus muncul karena diberi uang

Kadishub: Warga Makassar, Berhenti Beri Uang ke Pak Ogah!Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Iman Hud. (Dok. Humas Dishub Makassar)

Iman Hud mengatakan, Pemkot Makassar tengah mencari solusi terkait keberadaan pak ogah. Namun dia menekankan bahwa salah satu upaya memberantasnya adalah dengan berhenti memberi uang.

Menurut dia, salah satu penyebab maraknya keberadaan pak ogah adalah karena mereka terus menerima uang dari pengendara. "Kenapa harus tak memberikan mereka uang? Karena biar mereka berpikir mencari pekerjaan lain dan tak lagi di jalan raya," ucapnya.

2. Dishub Makassar razia pak ogah di jalanan

Iman Hud mengungkapkan, baru-baru ini Dishb Makassar merazia pak ogah di jalanan. Salah satu titiknya di Jalan Hertasning Raya, Kecamatan Rappocini. Di sana ada 12 pak ogah terjaring.

Iman mengatakan, pihaknya menyikapi keluhan pengendara. Sebab di daerah itu marak aktivitas pak ogah yang dianggap menyebabkan kemacetan, terutama setiap jam sibuk.

3. Polisi tangkap pak ogah yang videonya viral

Kadishub: Warga Makassar, Berhenti Beri Uang ke Pak Ogah!Video viral pak ogah ancam pengendara di Makassar. (Instagram/daenginfo)

Baru-baru ini viral video seorang pak ogah mengancam pengendara. Pelaku mengancam melempari batu kendaraan yang melintas di dekat putaran jalan. Peristiwa itu diketahui terjadi di Jalan Sultan Alauddin, Kecamatan Rappocini, pada Selasa (2/8/2022).

Usai video kejadian itu viral di media sosial, petugas Unit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Polrestabes Makassar menangkap pelaku. Dia diketahui bernama M Guntur Baktiar alias Gugun. Kepala Unit Jatanras Iptu Hamka mengatakan, pria itu merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

"Dia mengakui dan membenarkan telah melakukan pengancaman terhadap korban yang mengendarai mobil menggunakan batu. Pelaku baru keluar dari Rumah Sakit Dadi sekitar dua minggu lalu," ucap Iptu Hamka.

Baca Juga: Viral, Serunya Rombongan Haji Bugis Berdandan Nyentrik di Pesawat

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya