Jamin Warga Papua Aman di Makassar, Wali Kota: Jabatan Jadi Jaminan!

Setelah kerusuhan Wamena, sejumlah warga Sulsel jadi korban

Makassar, IDN Times - Pj Wali Kota Makassar Iqbal Samad Suhaeb menjamin keamanan warga asal Papua yang bermukim di daerahnya. Pemerintah Kota bersama seluruh komponen masyarakat disebut akan senantiasa melindungi warga Papua, yang umumnya datang untuk menempuh pendidikan di Makassar.

Wali Kota merespons isu adanya aksi balas dendam, menyusul jatuhnya korban asal Sulawesi Selatan dalam konflik kemanusiaan di Wamena, Papua, baru-baru ini. Wali Kota juga menegaskan isu itu sama sekali tidak benar.

"Kepastian keamanan, jabatan ini yang jadi jaminannya. Warga Papua yang ada di Makassar kita jamin tidak akan tersentuh apa pun," kata Wali Kota usai menghadiri doa bersama untuk Wamena di Anjungan Pantai Losari Makassar, Jumat (4/10) petang.

Baca Juga: [FOTO] Seribu Ekspresi Para Pengungsi Wamena Setiba di Makassar

1. Wali Kota imbau warganya tidak gampang terprovokasi

Jamin Warga Papua Aman di Makassar, Wali Kota: Jabatan Jadi Jaminan!IDN Times/Aan Pranata

Wali Kota Iqbal mengimbau warganya agar selalu menjaga kedamaian. Masyarakat diminta tidak gampang terpancing provokasi dan isu-isu tidak benar. Kericuhan yang terjadi di Wamena, diharapkan tidak sampai meluas ke daerah lain.

"Mari berdoa, semoga orang-orang yang melakukan tindakan anarkistis, berlebihan, agar bisa bertobat dan diberikan hidayah," kata Iqbal.

Baca Juga: 10 Fakta di Balik Kerusuhan Wamena yang Tewaskan 33 Warga

2. Sebanyak 557 orang pengungsi asal Wamena tiba di Makassar

Jamin Warga Papua Aman di Makassar, Wali Kota: Jabatan Jadi Jaminan!ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Usai kerusuhan di Wamena, sebagian warga setempat mengungsi ke luar daerah. Menurut laporan Antara, sebanyak 557 di antaranya mengungsi ke Sulawesi Selatan. Sebanyak 194 di antaranya berasal dari Makassar.

Pengungsi menempuh perjalanan udara dan laut selama tiga hari, sejak Kamis (3/10). Jumlah ini diprediksi terus bertambah.

Kepada para pengungsi, Iqbal secara langsung menyampaikan bahwa Pemkot Makassar siap memfasilitasi warga Sulsel untuk kembali ke daerah asalnya.

"Saat ini ada dua bus yang Pemkot Makassar siapkan untuk mengantarkan pengungsi ke kampung halamannya. Kami juga bersinergi dengan tim medis jika sekiranya ada hal yang urgent," kata Iqbal dikutip dari Antara.

3. Wabup Digul dan Mappi pantau warganya di Makassar

Jamin Warga Papua Aman di Makassar, Wali Kota: Jabatan Jadi Jaminan!IDN Times/Aan Pranata

Pada kegiatan doa bersama di Pantai Losari, Makassar, Jumat (4/10), turut hadir dua kepala daerah asal Papua. Mereka, masing-masing adalah Wakil Bupati Boven Digoel Chairul Anwar dan Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Sud. Mereka kebetulan dalam rangka kunjungan ke Makassar untuk mengecek kondisi warganya yang sedang berkuliah di daerah ini.

Chairul Anwar mengatakan, kedatangannya ke Makassar untuk mengecek langsung kabar yang beredar, bahwa mahasiswa asal daerahnya dapat gangguan setelah kejadian di Wamena. Namun kondisi yang dia temui ternyata sebaliknya.

"Ternyata aman. Masyarakat Sulsel cinta damai, sehingga tidak benar bahwa mahasiswa Papua di sini tidak aman," katanya.

Semoga damai ya guys. Mari kita saling jaga...

Topik:

  • Irwan Idris
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya