Jadwal Debarkasi Haji Makassar, Kapan Jemaah Kembali?

Rencana pemulangan jemaah haji masih sesuai jadwal

Makassar, IDN Times - Jemaah haji tengah menjalani fase puncak haji di Arab Saudi, usai wukuf di Arafah pada 8 Juli 2022 lalu. Secara berangsur jemaah kembali ke Tanah Suci Makkah.

Jemaah haji masih akan melaksanakan sejumlah kegiatan sebelum kembali ke Indonesia. Lalu, kapan jemaah haji pulang ke Tanah Air?

Untuk Debarkasi Makassar, kelompok terbang pertama dijadwalkan meninggalkan Jeddah, Saudi, pada 27 Juli 2022. Jemaah dijadwalkan tiba di Makassar sehari kemudian, 28 Juli 2022.

"Untuk sementara masih sesuai dengan jadwal," kata Humas Embarkasi/Debarkasi Haji Makassar Mawardi Siradj melalui pesan WhatsApp, Senin (11/7/2022).

Baca Juga: 7.160 Orang Jemaah Haji Berangkat lewat Asrama Haji Makassar

1. Jemaah haji Debarkasi Makassar pulang berangsur

Jadwal Debarkasi Haji Makassar, Kapan Jemaah Kembali?Ilustrasi jemaah haji di Asrama Haji Sudiang Makassar. (IDN Times/Aan Pranata)

Jemaah haji Debarkasi Makassar terbagi dalam dua gelombang dengan 19 kelompok terbang. Gelombang pertama yang terdiri dari dua kloter dijadwalkan meninggalkan Saudi melalui Jeddah. Sedangkan sisanya, 17 kloter tergabung dalam gelombang kedua.

Menurut data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, proses pemulangan jemaah haji Debarkasi Makassar bakal berlangsung bertahap. Jemaah haji berangsung pulang ke Makassar 13 Agustus 2022.

Kecuali Kloter 19, Setiap kloter jemaah haji Embarkasi/Debarkasi Makassar beranggotakan 393 orang. Sedangkan Kloter 19 beranggotakan 174 orang dan bergabung bersama Kloter 8 Embarkasi/Debarkasi Padang.

2. Embarkasi Makassar berangkatkan 7.230 orang ke Tanah Suci

Jadwal Debarkasi Haji Makassar, Kapan Jemaah Kembali?Asrama Haji Sudiang Makassar jadi tempat isolasi pasien COVID-19. IDN Times/Asrhawi Muin

Embarkasi Makassar memberangkatkan jemaah haji yang terdiri dari 7.230 orang pada musim haji tahun ini. Dengan rincian 2.451 orang pria dan 4.779 wanita.

Sejauh ini jumlah anggota Embarkasi Makassar di Tanah Suci dilaporkan masih sempurna. Meski, menurut Siskohat, ada 22 orang yang dirawat.

3. Jemaah asal delapan provinsi

Jadwal Debarkasi Haji Makassar, Kapan Jemaah Kembali?Jemaah haji di Asrama Haji Sudiang Makassar pada musim pemberangkatan haji tahun 2019. (IDN Times/Aan Pranata)

Sebelumnya Ketua PPIH Makassar Khaeroni menyebut pada tahun ini sebanyak 7.234 jemaah haji diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar. Rinciannya, 7.119 orang merupakan anggota jemaah, tujuh Pembimbing KBIHU, 34 Petugas Haji Daerah, dan 74 PPIHU.

Jemaah Embarkasi Makassar tahun ini berasal dari delapan provinsi di Indonesia bagian Timur. Masing-masing, Sulawesi Selatan (3.320 Orang), Sulawesi Tenggara (922 Orang), Sulawesi Barat (663 Orang), Gorontalo (447 Orang), Maluku (496 Orang), Maluku Utara (491 Orang), Papua (491 Orang), serta Papua Barat (330 Orang).

Baca Juga: Menag: Tenaga Kesehatan Kunci Sukses Pelayanan Jemaah Haji

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya