Internet IndiHome di Indonesia Timur Terganggu sampai Pagi Ini

Indihome dan Telkomsel menghuni trending tropic di Twitter

Makassar, IDN Times - Terjadi gangguan jaringan internet Telkom Group di kawasan Indonesia bagian timur. Gangguan dilaporkan sejak Minggu malam (19/9/2021), hingga pagi ini, Senin (20/9/2021).

Gangguan dilaporkan terutama pada layanan Indihome. TelkomGroup mengonfirmasi soal gangguan yang dirasakan pengguna di wilayah Sulawesi, Kalimantan, Bali, Maluku, Papua, dan sebagian Jawa.

"Telah terjadi gangguan layanan TelkomGroup di beberapa wilayah Indonesia, dan saat ini sementara dalam perbaikan," kata SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza, melalui siaran pers yang dikutip dari Antara, Minggu.

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Informasi yang Memicu Perdebatan di Internet 

1. IndiHome dan Telkomsel jadi trending topic di Twitter

Internet IndiHome di Indonesia Timur Terganggu sampai Pagi IniIndihome dan Telkomsel jadi trending topic di Twitter. Screenshoot Twitter

Warganet banyak membicarakan soal gangguan jaringan internet TelkomGroup sejak Minggu malam. Di Twitter, IndiHome dan Telkomsel menghuni trending topic hingga Senin pagi.

Banyak pengguna Twitter yang mengaku jaringan internet di tempatnya turut bermasalah.

"Bagi yg kerjanya ngeremote gini mo nangis banget ke indihome sama telkomsel. Tolong dong. Waktunya laporan SPT Masa," tulis @AdhiMaulidah.

"Pagi2 dah stres dan badmood gara2 indihome," kata @itsnotcloudy37.

Ada juga yang curhat bahwa gangguan jaringan internet terjadi di waktu-waktu genting.

"Indihome tolong ya aing lagi ulangan," tulis @badutmusiman.

2. Gangguan terjadi pada jaringan kabel laut

Internet IndiHome di Indonesia Timur Terganggu sampai Pagi Iniandroidpit.com

SVPCorporateCommunication & Investor RelationTelkomAhmadReza menjelaskan telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam - Pontianak. Gangguan terjadi mulai Minggu sekitar pukul 17.33 WIB.  

Gangguan berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.

"Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini. Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan," Ahmad menerangkan.

Mewakili manajemen Telkom, Ahmad Reza menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan di wilayah terdampak.  

“Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya," ucapnya.

3. Layanan Telkomsel selain internet tetap berfungsi normal

Internet IndiHome di Indonesia Timur Terganggu sampai Pagi Inipixabay.com/users/peterbjorndal-737411/

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan sehubungan dengan adanya gangguan teknis terutama pada layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukenali penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak.  Sedangkan, untuk layanan telepon dan SMS masih dapat diakses dengan normal.

 "Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala," jelasnya.

Baca Juga: Kenapa Internet Rentan Memicu Anak Muda untuk Melukai Diri?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya