Ini Daftar Titik Demo 11 April di Makassar Hari Ini

Unjuk rasa mahasiswa berpotensi memicu kemacetan lalulintas

Makassar, IDN Times - Warga Kota Makassar, Sulawesi Selatan, hendaknya mengantisipasi kemacetan lalu lintas hari ini, Senin (11/4/2022). Sebab mahasiswa lintas kampus di Makassar berencana bergabung dalam demo 11 April.

Berlangsung serentak di berbagai daerah di Indonesia, demonstrasi mengangkat sejumlah isu terkini. Salah satunya penolakan terhadap wacana menunda Pemilu 2024 yang bisa berbuntut perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo.

"Kami yakin gerakan ini akan menjadi gerakan nasional terbesar pasca (aksi) reformasi dikorupsi tahun 2019," kata Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Hasanuddin Imam Mobilingo saat berbincang dengan IDN Times, Kamis, 7 April 2022.

Baca Juga: YLBHI Sarankan Jokowi Temui Mahasiswa yang Demo 11 April

1. Polisi menyebut ada sekitar 12 titik unjuk rasa

Ini Daftar Titik Demo 11 April di Makassar Hari IniIlustrasi demonstrasi mahasiswa. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Kepala Seksi Humas Polrestabes Makassar AKP Lando K Sambolangi mengatakan, kepolisian telah mempersiapkan pengamanan unjuk rasa. Sebanyak 2.707 personel diturunkan untuk mengawal aksi demo 11 April.

Unjuk rasa disebut akan berlangsung di sejumlah lokasi. Antara lain Jalan Perintis Kemerdekaan, tepatnya di depan kampus Unhas.

Berikutnya, Jalan AP Pettarani meliputi Kantor DPRD Makassar dan kawasan bawah fly over. Di Jalan Sultan Alauddin massa akan terkonsentrasi di depan kampus Universitas Muhammadiyah Makassar dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Selanjutnya, di Jalan Urip Sumoharjo, demo bakal berlangsung di depan kampus Universitas Bosowa, kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI), dan Kantor Gubernur.

"Sekitar 12 lokasi titik aksi unras akan berlangsung di Kota Makassar, mengakibatkan sejumlah jalan di kota Makassar berpotensi macet," kata AKP Lando, Senin.

2. Polisi siapkan rekayasa lalulintas

AKP Lando mengatakan, polisi akan menerapkan rekayasa lalulintas untuk menghindari atau mengurangi kemacetan pada titik lokasi aksi. Masyarakat yang tidak berkepentingan diimbau tetap di rumah.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, namun senantiasa waspada dan berhati hati terutama apabila melintas di lokasi rencana aksi unjuk rasa. Diharapkan selalu mencermati setiap perkembangan situasi” ujar AKP Lando.

3. Unjuk rasa mulai ramai sejak pekan lalu

Ini Daftar Titik Demo 11 April di Makassar Hari IniIlustrasi unjuk rasa (IDN Times/Ilyas Mujib)

Sejumlah demonstrasi mahasiswa terjadi di Makassar pada Rabu hingga Sabtu pekan lalu. Mahasiswa menyuarakan penolakan wacana penundaan pemilihan umum atau Pemilu 2024. Pada Jumat (8/4/2022), demo antara lain berlangsung di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo.

Hampir sama dengan tuntutan dalam aksi beberapa hari sebelumnya, mahasiswa di Makassar unjuk rasa mendesak Presiden Joko Widodo atau Jokowi segera bersikap untuk menghentikan polemik penundaan Pemilu 2024. Mereka menganggap isu itu membuat gaduh dan berdampak ke masyarakat.

Selain menolak masa jabatan presiden tiga periode, demonstran juga menyoroti isu kelangkaan minyak goreng, mendesak pengesahan Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual, dan menolak kenaikan harga BBM.

Sebelumnya, hasil survei lembaga Celebes Research Center (CRC) menunjukkan bahwa mayoritas warga Kota Makassar tidak setuju penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

CRC menggelar survei di Makassar pada 17-27 Februari 2022. Respondennya sebanyak 600 responden warga pemilik hak pilih yang tersebar secara proporsional di 15 kecamatan.

CRC menjadikan isu penundaan Pemilu 2024 sebagai salah satu materi survei. Responden ditanyai pendapatnya soal wacana yang beredar, yakni penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan Presiden, Wakil Presiden, dan DPR di semua tingkatan untuk 2-3 tahun.

Hasilnya, 88,8 persen responden menjawab tidak setuju. Hanya 11,2 persen yang menjawab setuju dengan penundaan Pemilu 2024 serta perpanjangan masa jabatan presiden.

Baca Juga: Demo Mahasiswa Makassar Desak Jokowi Tegas Tolak Penundaan Pemilu 2024

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya