Comscore Tracker

Iklan Lutfi Demonstran Bawa Bendera NasDem Ini Dicemooh Warganet

NasDem Sulsel bantah sebagai pengiklan

Makassar, IDN Times - Sebuah iklan di media cetak memancing reaksi negatif warganet. Iklan tersebut memuat manipulasi foto Lutfi Alfiandi menggenggam bendera Partai Nasdem.

Lutfi merupakan demonstran yang fotonya viral karena membawa bendera merah putih pada rangkaian unjuk rasa di Gedung DPR, Jakarta, Oktober 2019 lalu. Dia ditangkap polisi dan ditengarai disiksa.

Nah, pada iklan yang ramai dibicarakan, bagian gambar bendera dimanipulasi menjadi biru dengan logo Partai NasDem.

Foto iklan itu dibagikan akun @panca66 di Twitter, pada Senin (27/1) pagi. Dalam gambar, terpampang sosok Lutfi yang berlari dengan jaket dan celana abu-abu. Dia menutup wajahnya dengan bendera.

“Nasdem mengedit foto Luthfi untuk iklannya. Saya rasa foto ini ada fotografernya yang motret. Apakah Nasdem sudah minta izin? Secara Nasdem partai yang nga peduli nasib Luthfi tapi memanfaatkan fotonya untuk promosi,” tulis @panca66 yang diikuti beragam respons warganet.

Baca Juga: Lutfi Mengaku Disetrum, Kapolri: Kalau Itu Fitnah, Bisa Jadi Bumerang!

1. Iklan mencantumkan nama adik Mentan

Iklan Lutfi Demonstran Bawa Bendera NasDem Ini Dicemooh WarganetIrman Yasin Limpo. IDN Times/Aan Pranata

Iklan Lutfi membawa bendera NasDem yang diabadikan @panca66 terpampang pada seperempat halaman koran. Iklan itu memuat kalimat ‘NURANI UNTUK NEGERI” dan “JANGAN PIKIR MACAM MACAM”. 

Iklan menyertakan ucapan selamat dan sukses untuk NasDem Days 2020, Rakorsus DPW Partai NasDem se-Indonesia, dan Rapat Konsolidasi Partai NasDem se-Sulawesi Selatan. Acara itu digelar di Hotel The Rinra Makassar, pada 25-26 Januari 2020 lalu.

Pada bagian atas gambar, iklan memuat kutipan None. Itu merupakan panggilan bagi Irman Yasin Limpo, kandidat wali kota Makassar yang juga adik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Loyalitas atas persahabatan tidak akan renggang karena perbedaan politik dan status sosial. Persahabatan adalah pertautan nurani dalam keadaan apa pun.”

Selain itu, 'Jangan pikir macam macam' merupakan slogan yang akrab dengan Irman Yasin Limpo. IDN Times sudah berupaya meminta konfirmasi Irman, namun nomor teleponnya tidak bisa dihubungi

Baca Juga: Rakorsus di Makassar, NasDem Target Menang Pemilu 2024

2. Warganet: ngebela kagak, dipolitisasi malah

Iklan Lutfi Demonstran Bawa Bendera NasDem Ini Dicemooh WarganetIDN Times/Arief Rahmat

Unggahan @panca66 yang mengawali pembicaraan tentang ilkan NasDem terus menuai beragam respons warganet. Foto itu sudah diunggah ulang 502 kali dan menuai beragam balasan.

Sebagian warganet mengkritik NasDem karena dianggap tidak membela Lutfi. Saat ini Lutfi masih menghadapi tuntutan hukum setelah tertangkap dalam demonstrasi.

“Main gampangan aja nih Nasdem. Luthfi adalah ikon perlawanan,dan sangat bertentangan dengan langkah Nasdem yang adalah partai pengusung Jokowi. Tak ada setitik pun suara Nasdem atas perlindungan pada rakyat kecil,” tulis @AinurRafiq78.

“Ngebela kagak, dipolitisasi malah. Politik gak sengehek itu kawan!” kata !qusyhasan.

Ada juga warganet yang mempertanyakan legalitas foto. Sebab foto yang dimanipulasi untuk bahan iklan, diketahui milik seorang wartawan foto.

“Menggunakan properti milik orang lain? Sudah ijin dan kasih royalti?” tulis @LikParjo.

3. NasDem Sulsel bantah sebagai pembuat iklan

Iklan Lutfi Demonstran Bawa Bendera NasDem Ini Dicemooh WarganetIDN Times/Aan Pranata

Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Sulsel angkat suara soal foto iklan yang beredar. Iklan tersebut ditegaskan bukan produk buatan NasDem.

Sekretaris DPW NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif mengatakan, pihaknya tidak tahu dengan keberadaan iklan tersebut. Dia mengarahkan wartawan agar mengkonfirmasi kepada pembuat iklan.

“Bukan DPW NasDem yang buat, tapi ada pengiklannya. Dilakan dikonfirmasi ke pengiklannya,” kata Syahar.

“Kalau NasDem yang buat, maka pasti lengkap dengan logo kegiatan NasDem Days Inspiring from Sulsel,” dia melanjutkan.

Baca Juga: NasDem Dukung RUU Omnibus Law Segera Disahkan

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya