Identitas 3 Jemaah Haji Embarkasi Makassar yang Meninggal Dunia

Dua meninggal di Mekah, satu di Makassar

Makassar, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hasanuddin Makassar, hingga Kamis (25/7) telah memberangkatkan 25 kelompok terbang jemaah ke Arab Saudi. Jemaah beranggotakan 11.209 calon haji serta 125 petugas pendamping.

Pada proses pemberangkatan sejauh ini, diketahui tiga orang anggota jemaah Embarkasi Makassar yang meninggal. Satu orang terakhir meninggal di Mekah, Saudi, Kamis (25/7). Dia menyusul dua orang lainnya yang lebih dulu mengembuskan napas terakhir dalam rangkaian pemberangkatan ibadah haji.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun. Satu lagi jemaah asal Embarkasi Makassar meninggal dunia," kata Kepala Bidang Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel Kaswad Sartono dalam laporan tertulisnya dari Saudi.

Berikut identitas masing-masing angota jemaah Embarkasi Makassar yang meninggal pada musim haji tahun 2019. Data dihimpun dari PPIH:

Baca Juga: Anggota Jemaah Haji Asal Makassar Meninggal di Mekkah  

1. Fatma Arilaha asal Tidore Kepulauan

Identitas 3 Jemaah Haji Embarkasi Makassar yang Meninggal DuniaIDN Times/Istimewa

Fatma, wanita berusia 71 tahun, wafat Rumah Sakit Arab Saudi, Mekah, Kamis (25/7) waktu setempat. Dia dilaporkan meninggal setelah mengeluh sesak nafas.

Fatma bergabung dalam Kloter 7, yang meninggalkan Asrama Haji Sudiang Makassar pada 11 Juli 2019. Almarhumah dimakamkan di pemakaman Sharayya, Mekah, setelah disalatkan di Masjidil Haram.

2. Sapan bin Tumangnga asal Kota Makassar

Identitas 3 Jemaah Haji Embarkasi Makassar yang Meninggal DuniaIlustrasi ambulans (Pixabay)

Satu anggota jemaah haji asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan, meninggal di Arab Saudi, Minggu (21/7). Pria benama Sapan bin Tumangnga wafat di usia 69 tahun karena mengidap penyakit asma.

Sapan meninggal di pemondokan Hotel Al Jauharah 2, wilayah Syisyah, Mekah, pukul 9.15 waktu setempat. Sapan tergabung dalam kloter 4 jemaah haji Embarkasi Hasanuddin Makassar. Dia warga jalan Sehati, Kota Makassar. Saat meninggal, Sapan sudah beberapa hari di Mekkah, setelah tiba dari Madinah.

Seperti Fatma, Sapan dimakamkan di Mekah.

3. Suhaima asal Tidore Kepulauan

Identitas 3 Jemaah Haji Embarkasi Makassar yang Meninggal DuniaDok. IDN Times/Istimewa

Satu anggota jemaah calon haji kelompok terbang 7 Embarkasi Makassar meninggal, Kamis (11/7) siang. Dia bernama Suhaima Kahar, wanita berusia 61 tahun asal Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara.

Menurut informasi yang dihimpun IDN Times, Suhaima meninggal di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudirohusodo. Kondisi kesehatannya menurun beberapa saat setelah tiba dari kota asal ke Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (10/7). Suhaima sempat dirawat di Asrama Haji Sudiang. Melihat kondisinya yang tidak mengalami kemajuan, tim kemudian memutuskan untuk dirujuk ke RSUD Wahidin. 

Almarhumah yang didampingi oleh petugas Kesehatan TPIHD sempat mendapatkan perawatan kurang lebih 14 jam di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSU Dr. Wahidin Makassar. Jenazah dikembalikan kepada keluarga di kampung halaman untuk dimakamkan.

Baca Juga: Garuda yang Bawa Jemaah Haji Kembali ke Makassar Karena Hidrolik Bocor

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya