GIIAS 2022 Batal Digelar di Makassar, Apa Alasannya?

Rangkaian GIIAS 2022 berakhir di Semarang

Makassar, IDN Times - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) urung menggelar pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Kota Makassar tahun ini. Sebelumnya, GIIAS rencananya digelar di Celebes Convention Center (CCC) Makassar pada 16 hingga 20 November 2022.

Tidak ada penjelasan lebih lanjut soal urungnya rangkaian GIIAS digelar di Makassar. Kota ini terakhir menjadi tuan rumah pada 2019, sedangkan di 2020 penyelenggaraannya ditiadakan karena pandemik COVID-19.

"Bahwa dikarenakan kendala teknis, GIIAS Makassar harus ditangguhkan penyelenggaraannya pada tahun ini. Di masa datang, GIIAS Makassar akan kembali dalam rangkaian pameran tahunan GAIKINDO," kata Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2022 dalam siaran persnya, Rabu (12/10/2022).

Baca Juga: Kiat Kalla Toyota Konsisten Merajai Pasar di Indonesia Timur

1. GIIAS dipindahkan ke Semarang

GIIAS 2022 Batal Digelar di Makassar, Apa Alasannya?ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Dengan batalnya pameran di Makassar, Gaikindo memilih Kota Semarang, Jawa Tengah sebagai penutup rangkaian GIIAS 2022. GIIAS Semarang akan berlangsung pada 23 hingga 27 November 2022 di Marina Convention Center. Ini jadi kota keempat setelah BSD City, Surabaya, dan Medan.

Rizwan mengatakan, GAIKINDO dan anggotanya sepakat memaksimalkan potensi penyelenggaraan GIIAS the Series di Semarang. Kota ini memiliki kondisi ekonomi yang baik, dan pasar otomotif di Jawa Tengah adalah pasar yang sangat potensial.

“Dengan pencatatan distribusi kendaraan bermotor Jawa Tengah pada tahun 2021 mencapai delapan persen dari distribusi secara nasional. Oleh karena itu dengan tekat bulat GAIKINDO bersama anggotanya berencana untuk menyelenggarakan GIIAS Semarang 2022,” kata Rizwan. 

2. Pameran otomotif mendukung perkembangan industri

GIIAS 2022 Batal Digelar di Makassar, Apa Alasannya?IDN Times/Fitang Budhi

Rizwan mengatakan, semakin luas jangkauan pameran otomotif GAIKINDO, maka semakin terbuka kesempatan mendorong perkembangan dan pencapaian industri otomotif nasional. Dia menekankan tujuan GIIAS untuk menunjukkan perkembangan industri otomotif Indonesia.

"Memberikan edukasi yang tepat untuk masyarakat, sekaligus menjadi dorongan untuk pertumbuhannya. Dan kami berencana untuk terus menambah kota penyelenggaraan GIIAS the Series,” kata Rizwan.

3. Penyelenggaraan pameran diperluas

GIIAS 2022 Batal Digelar di Makassar, Apa Alasannya?GAIKINDO

Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi mengatakan bahwa berdasarkan arahan Pemerintah, khususnya Kementerian Perindustrian RI, GAIKINDO perlu terus memperluas cakupan penyelenggaraan pameran otomotif GAIKINDO. Ini untuk mendorong pencapaian industri otomotif Indonesia. 

“Kami rasa tidak terelakkan bahwa penyelenggaraan pameran otomotif telah menjadi faktor penting untuk terus mendorong faktor produktivitas, mencapai target industri otomotif nasional, dan fokus yang juga penting adalah memberikan edukasi bagi masyarakat luas lewat pameran,” kata Nangoi.

Baca Juga: OLX Autos Dorong Industri Otomotif Indonesia Lewat GIIAS 2022

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya