Gempa Mamuju Sulbar Terasa hingga ke Sulawesi Selatan

BMKG menyebut gempa bermagnitudo 5,8

Makassar, IDN Times - Gempa tektonik bermagnitudo 5,7 terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (8/6/2022). Tak hanya dirasakan di sekitar Mamuju, getaran gempa juga dilaporkan terjadi hingga ke beberapa daerah di Sulawesi Selatan.

Warga Mamuju, Ardiansyah Muchlis mengatakan, gempa sangat terasa di dalam ruangan. Durasi getaran akibat gempa disebut cukup lama.

"Lari berhamburan orang keluar rumah," kata Ardi kepada IDN Times, Rabu.

Ardi mengatakan, gempa sempat membuat orang panik. Sebagian warga Mamuju masih trauma akibat gempa bermagnitudo 6,2 yang mengguncang daerah itu pada Januari 2021 lalu.

Getaran saat gempa turut dilaporkan Zulkifli, fotografer yang bermukim di Kota Parepare, Sulsel. Dia mengatakan, dinding rumah terasa bergetar selama beberapa detik.

"Setelah getaran saya baru cek informasi resmi BMKG, ternyata ada gempa," katanya.

Selain di Parepare, beberapa orang di Kota Makassar turut melaporkan adanya gempa. Sejauh ini, belum ada laporan adanya kerusakan akibat getaran yang ditimbulkan.

Menurut laporan Balai Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa di Mamuju, Sulbar, terjadi pada pukul 13.32 Wita. Pusat gempa dilaporkan berlokasi pada 43 kilometer arah Barat Daya Mamuju. Episentrum pada kedalaman 10 kilometer.

"Tidak berpotensi tsunami," demikian bunyi peringatan pada laman BMKG.

BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai gempa susulan yang mungkin terjadi.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa M 5,8 di Mamuju Sulbar, Tidak Berpotensi Tsunami

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya