Comscore Tracker

Dianggap Tidak Layak, Rumah Potong Hewan Makassar Bakal Direvitalisasi

Berdasarkan hasil tinjauan Pj Wali Kota beberapa waktu lalu

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar berencana memugar Rumah Potong Hewan (RPH) Tamangapa yang terletak di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala. Sarana dan fasilitas di RPH yang telah dimakan usia dianggap tidak lagi layak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging yang sehat dan bersih.

Rencana revitalisasi RPH Tamangapa diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Makassar Muhamamd Ansar, usai memimpin rapat di Kantor Balai Kota, Jalan Ahmad Yani, Senin (20/5). Pemkot menindaklanjuti hasil tinjauan Penjabat Wali Kota Iqbal Suhaeb di RPH Tamangapa, beberapa waktu lalu.

“Berdasarkan tinjauan Pj Wali Kota dan melihat kondisi saat ini, maka akan dilakukan segera beberapa perbaikan sarana dan prasarana,” kata Ansar.

Baca Juga: Ini Penyebab Jokowi Kalah di Sulsel, Meski Golkar dan NasDem Berjaya

1. Sarana dan fasilitas RPH butuh modernisasi

Dianggap Tidak Layak, Rumah Potong Hewan Makassar Bakal DirevitalisasiIDN Times/Aan Pranata

Berdasarkan analisis, kata Ansar, RPH Tamangapa butuh banyak perbaikan agar bisa optimal melayani masyarakat. Perusahaan daerah milik Pemkot Makassar itu harus berbenah untuk menjamin kebersihan dan kesehatan pada terminal daging dari hewan ternak yang disembelih.

Yang patut jadi perhatian, kata dia, antara lain alat dan mekanisme penyembelihan. Lalu area peletakan daging setelah hewan disembelih. Di samping itu juga harus tersedia air bersih yang cukup untuk menjamin kebersihan daging. “Begitu juga kondisi jalan masuk, harus dibenahi,” ucap Ansar.

2. Rencana revitalisasi sempat terkendala masalah penganggaran

Dianggap Tidak Layak, Rumah Potong Hewan Makassar Bakal DirevitalisasiIndpolace/Zakila

Pemkot Makassar sudah merencanakan revitalisasi RPH Tamangapa sejak tahun 2015. Namun saat itu masalah keterbatasan anggaran di Perusda menjadi kendala.

Ke depan, Pemkot akan mengupayakan bantuan dana dari APBD Kota Makassar, APBD Provinsi Sulsel, maupun APBN. Dengan catatan, Perusda, bisa memperbaiki pengelolaan aset sehingga modernisasi peralatan bisa lebih mudah terlaksana.

3. Pemkot jamin ketersediaan jelang Ramadan

Dianggap Tidak Layak, Rumah Potong Hewan Makassar Bakal DirevitalisasiIDN Times/Aan Pranata

Sebelumnya, saat meninjau RPH Tamangapa, Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb melihat langsung proses penyembelihan hewan ternak menjadi daging. Dia ingin memastikan daging yang sampai ke meja makan melalui prosedur yang aman dan sehat dikonsumsi.

Iqbal meyakinkan masyarakat agar tidak ragu mengonsumsi daging yang diproses dan dipotong di RPH Tamangapa. Di samping itu, Pemkot menjamin ketersediaan daging di bulan suci Ramadhan dan jelang lebaran Idulitri tahun ini dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Kita harapkan tidak terjadi inflasi. Mudah-mudahan stok daging mencukupi dan tidak terjadi kenaikan harga. Kita pantau terus bersama dinas terkait," Iqbal mengungkapkan.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You