Cuaca Panas Ekstrem Lewat, Waspada Potensi Bahaya di Peralihan Musim

Diprediksi muncul hujan lebat serta angin kencang dan petir

Makassar, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca panas ekstrem di Kota Makassar dan sekitarnya mulai mereda, seiring berakhirnya musim kemarau. Masyarakat kini tengah menanti datangnya musim hujan, yang diperkirakan mulai masuk pada pertengahan bulan November 2019.

Kepala Stasiun Iklim BMKG Maros Hartanto mengatakan, sejak awal November pada beberapa daerah di Sulawesi Selatan sudah turun hujan. Terutama pada kawasan pantai barat yang biasanya lebih dulu memasuki musim hujan. Daerah itu, antara lain meliputi Kabupaten Barru, Pangkep, Maros, dan Kota Makassar.

“Kemarin kita prediksikan potensi-potensi hujan sudah ada, dan ada beberapa daerah yang mulai mengalami hujan. Itu berarti sekarang sudah masuk musim peralihan kemarau ke musim hujan,” kata Hartanto melalui telepon kepada IDN Times, Jumat (1/11).

1. Kondisi cuaca jadi tidak menentu selama peralihan musim

Cuaca Panas Ekstrem Lewat, Waspada Potensi Bahaya di Peralihan MusimPixabay

Hartanto menjelaskan, peralihan musim ditandai dengan kondisi cuaca yang cenderung tidak konsisten. Cuaca yang cerah pada pagi hari, misalnya, bisa berubah mendung atau hujan pada siang hari.

Pada masa ini, udara cenderung panas dan gerah. Termasuk dalam kondisi cuaca mendung. Umumnya, orang akan lebih mudah berkeringat.

“Saat ini kelembaban udara sudah mulai meningkat. Udara terasa lebih panas karena tingkat penguapannya lebih tinggi,” ucap Hartanto.

2. Hujan bersifat lokal namun lebat

Cuaca Panas Ekstrem Lewat, Waspada Potensi Bahaya di Peralihan Musimpixabay.com/Kammy27

Pada peralihan musim, kata Hartanto, potensi hujan bakal terjadi pada sebagian daerah di pesisir barat. Hujan umumnya terjadi pada skala lokal. Meski begitu, curah hujan bakal tetap lebat.

Skala hujan lokal akan berangsur meluas seiring masuknya musim hujan pada pertengahan November. BMKG memastikan bahwa tidak semua daerah di Sulsel punya pola hujan yang sama.

Baca Juga: Tanpa El Nino, Makassar Capai Suhu Tertinggi Sepanjang Sejarah

3. Masyarakat diimbau waspadai petir dan angin kencang

Cuaca Panas Ekstrem Lewat, Waspada Potensi Bahaya di Peralihan MusimIlustrasi angin puting beliung. ANTARA FOTO/M N Kanwa

Hartanto mengatakan, pada masa peralihan musim masyarakat harus senantiasa waspada. Selain hujan, diprediksi bakal terjadi sejumlah fenomena alam seperti petir dan angin kencang. Kondisi angin kencang, petir, dan hujan lebat, berpeluang muncul dalam satu kondisi bersamaan.

“Kemarin kan puncak kemarau. Waspadai pohon-pohon yang kemarin sudah lapuk. Jangan sampai dahannya patah, atau pohon tumbang karena angin kencang. Potensi lainnya juga harus diwaspadai,” kata Hartanto.

Baca Juga: Suhu Normal, Kok Cuaca di Makassar Terasa Lebih Panas? Ini Kata BMKG 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya