Comscore Tracker

Bupati Lutra Indah Putri Cari Pendamping, Ini Kriterianya

Pilkada Serentak 2020, Bupati Lutra ikut penjaringan parpol

Makassar, IDN Times - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani bersiap mencalonkan diri kembali pada pemilihan kepala daerah tahun 2020. Saat ini dia tengah mengikuti penjaringan kandidat bakal calon di partai politik.

Indah yang merupakan bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan, antara lain mendaftarkan diri di Partai Golkar, PDIP, PAN, dan PKB. Ditemui wartawan usai mengikuti tes wawancara di Kantor DPD I Golkar Sulsel, Rabu (6/11), dia bercerita seputar persiapannya menuju pertarungan di pilkada tahun depan.

Indah terpilih sebagai Bupati Lutra periode 2016-2021, berpasangan dengan Thahar Rum. Namun di pilkada nanti, keduanya tidak lagi dalam satu gerbong. Thahar dipastikan jadi pesaing karena akan menjadi calon bupati dari Partai NasDem. Seperti apa peluang Indah terpilih kembali di periode kedua?

"Pasti masing-masing punya tantangan. Yang lalu saya sebagai wakil (bupati), walau posisinya petahana diposisikan sebagai penantang. Kemudian hari ini sebagai petahana, tentu posisi itu membuat strategi menjadi berbeda dan lebih dinamis," kata Indah.

Baca Juga: Pilkada 12 Daerah di Sulsel Tahun 2020, Ini 4 Faktanya

1. Indah belum memutuskan siapa pendamping sebagai calon wakil bupati

Bupati Lutra Indah Putri Cari Pendamping, Ini Kriterianya(Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, tengah) IDN Times/Aan Pranata

Menjawab pertanyaan wartawan, Indah mengatakan tengah mempertimbangkan kandidat yang bakal digandeng sebagai calon wakil bupati. Sejauh ini, penentuan calon pendamping disebut masih berproses. Namun indah tidak menyebutkan siapa saja yang berpeluang jadi pasangannya.

Indah hanya menyebutkan kriteria calon pendampingnya. Yang utama adalah, orang yang memang berniat menjadi wakil bupati. Dia menganggap orang yang awalnya berniat jadi calon bupati akan sulit beradaptasi jika akhirnya diposisikan sebagai calon wakil.

"Saya memang mencari orang yang mau menjadi wakil bupati, dan tidak kalah pentingnya itu, yang bisa bekerja sama dengan saya di dalam masa melaksanakan tugas-tugas pemerintahan," Indah menerangkan.

2. Berharap dapat menentukan sendiri pasangannya

Bupati Lutra Indah Putri Cari Pendamping, Ini KriterianyaIDN Times/Sukma Shakti

Indah mengaku akan mendaftarkan diri ke partai mana saja yang membuka penjaringan kandidat. Dengan catatan, partai bersangkutan tidak menerapkan syarat khusus.

Indah mencontohkan syarat bagi calon bupati yang wajib menggandeng kader yang ditunjuk partai sebagai calon wakil. Dia sendiri berharap penentuan pasangan berada di tangannya sendiri.

"Saya berharap siapa yang menjadi calon wakil bupati bisa diserahkan ke kandidatnya, atau paling tidak, dimintai pertimbangan," ucapnya.

3. Elektabilitas Indah Putri paling tinggi

Bupati Lutra Indah Putri Cari Pendamping, Ini KriterianyaIDN Times/Aan Pranata

Ketua Tim Penjaringan Golkar Sulsel Kadir Halid menyebut partainya sudah hampir pasti mendukung Indah Putri di Pilkada Lutra 2020. Pertimbangannya, Indah merupakan calon petahana yang dianggap paling berpotensi menang. Indah satu-satunya yang mendaftar sebagai bakal calon bupati Golkar di Lutra, sedangkan suaminya ketua Golkar di sana.

Kadir menyebutkan, pada survei terakhir bulan September 2019, tingkat elektabilitas Indah masih tertinggi, mencapai 59 persen. Sedangkan Thahar Rum sebagai pesaing terdekat, tingkat keterpilihannya berkisar 15 persen. Kondisi itu diyakini tidak akan banyak berubah hingga pemungutan suara 23 Setember 2020.

"Saya sangat yakin dengan kondisi riil sekarang ini walau pun masih lama. Masih ada satu tahun proses perjalanannya tapi dengan kerja-kerja politik selama ini yang dilakukan bupati, saya yakin dia bisa memenangkan pertarungan," kata Kadir.

Baca Juga: Sama-sama Serius, Dua Adik Mentan Berebut Golkar di Pilkada Makassar

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya