[BREAKING] Gerak Buruh Turut Ikut Demo di DPRD Sulsel, Ini Tuntutannya

Massa perlahan memenuhi kawasan depan DPRD Sulsel

Makassar, IDN Times - Aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Sulawesi Selatan, Senin (30/9) tidak dimonopoli kaum mahasiswa saja. Aliansi masyarakat dari berbagai latar belakang turut turun ke jalan, salah satunya gabungan serikat pekerja yang tergabung dalam Gerak Buruh.

Gerak Buruh dengan seratusan anggota massa menyuarakan aspirasi di depan Kantor DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, sekitar pukul 13.00 Wita. Seperti umunnya gelombang unjuk rasa di berbagai daerah, mereka menyatakan protes dan penolakan atas sejumlah produk hukum yang dihasilkan Pemerintah dan DPR.

Jenderal Lapangan Gerak Buruh Kusnadi, dalam pernyataan sikapnya, merespons sikap Pemerintah yang menunda pengesahan lima rancangan undang-undang. Masing-masing RKUHP, RUU Pertanahan, Pemasyarakatan, Minerba, dan Ketenagakerjaan. Penundaan RUU dianggap merupakan buah dari desakan rakyat di berbagai daerah, bukan karena Pemerintah berkepentingan akan demokrasi dan keadilan sosial.

"Penundaan ini bisa dimaknai sebagai kemenangan kecil dari desakan demokratik aksi-aksi kaum muda dan rakyat pekerja. Namun, kita tidak boleh terlena oleh konsesi sangat terbatas yang diberikan pemerintah ini," kata Kusnadi.

Dalam orasinya, aktivis Gerak Buruh meminta Pemerintah DPR dan Pemerintah bukan sekadar menunda pengesahan sejumlah produk legislasi yang dianggap merugikan rakyat. Melainkan membatalkan sepenuhnya.

Mereka juga menyatakan kritik terhadap aparat keamanan yang dianggap berbuat kekerasan terhadap mahasiswa dan rakyat, dalam gelombang demonstrasi di berbagai daerah di Tanah Air.

Berikut pernyataan sikap Gerak Buruh di DPRD Sulsel:

1. Tolak RUU Ketenagakerjaan
2. Tolak RUU Pertanahan
3. Tolak RUU KPK
4. Tolak RUU KUHP
5. Sahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual
6. Tolak RUU Minerba
7. Segera revisi UU Pemilu dan Partai Politik
8. Tolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan
9. Cabut UU tentang pajak daerah yang memberatkan pedagang kecil
10. Stop tindakan represif dan kriminalisasi terhadap mahasiswa dan rakyat dalam demonstrasi
11. Usut tuntas kasus meninggalnya dua mahasiswa dan satu pelajar
12. Usut tuntas semua pelanggaran HAM termasuk di Papua
13. Bebaskan tanpa syafat seluruh kawan-kawan aktivis HAM yang ditangkap

Update informasi mengenai aksi mahasiswa dan masyarakat sipil lainnya hanya di IDN Times Sulsel

Baca Juga: [BREAKING] Mahasiswa Mulai Turun ke DPRD Sulsel

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya