ACC: Kapolda Setyo Tinggalkan "Piring Kotor" untuk Andi Rian

Kapolri mengeluarkan surat mutasi jabatan Kapolda Sulsel

Makassar, IDN Times - Aktivis Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi menilai Kapolda Sulawesi Selatan yang baru bakal punya pekerjaan rumah yang tidak diselesaikan pejabat lama. Terutama dalam upaya penuntasan kasus korupsi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, pada Kamis (7/12/2023) mengeluarkan surat telegram berisi mutasi jabatan Kapolda Sulsel. Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso akan digantikan putra daerah kelahiran Makassar Irjen Andi Rian Ryacudu Djajadi, yang saat ini menjabat Kapolda Kalimantan Selatan.

"Kurang lebih kayak tinggalkan piring kotor, meninggalkan banyaknya pekerjaan rumah untuk Kapolda baru," kata Wakil Direktur Badan Pekerja ACC, Anggareksa kepada IDN Times Sulsel, Jumat petang (8/12/2023).

Baca Juga: Irjen Andi Rian Putra Makassar Dimutasi Jadi Kapolda Sulsel

1. ACC catat banyak kasus korupsi mandek di Polda Sulsel

ACC: Kapolda Setyo Tinggalkan Piring Kotor untuk Andi RianPeneliti Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi, Anggareksa. Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Angga mengibaratkant umpukan berkas-berkas perkara korupsi di Polda Sulsel seperti piring kotor. Selama kepemimpinan Irjen Setyo, dia menyebut banyak kasus yang tidak jelas progres atau kelanjutannya.

"Kalau kami lihat selama dia menjabat tidak ada langkah progresif, tidak ada komitmen untuk pemberantasan korupsi. Itu bisa dilihat dari banyaknya kasus-kasus mandek yang tidak bisa dia tuntaskan," terang Angga.

"Misalnya itu kasus BPNT (bantuan pangan non tunai), kasus bansos saat COVID-19 sudah lama penyelidikan tapi sampai hari ini belum dilimpahkan ke kejaksaan, dan masih ada banyak kasus-kasus korupsi," lanjutnya.

2. Berpengalaman di Bareskrim, Andi Rian diharapkan tuntaskan kasus korupsi di Sulsel

ACC: Kapolda Setyo Tinggalkan Piring Kotor untuk Andi RianKapolda Kalimantan Selatan Inspektur Jenderal Polisi Andi Rian Djajadi. Foto: Dok Divisi Humas Polri.

ACC berharap Kapolda Sulsel yang baru bisa menuntaskan kasus-kasus mandek yang ditangani pihak penyidik Ditreskrimsus. Mengingat, Irjen Andi Rian dinilai punya latar belakang Reserse dan berpengalaman di Bareskrim Polri.

Jadi kami berharap adalah itu menjadi atensi khusus bagi Kapolda baru untuk menuntaskannya. Apalagi track record Kapolda baru ini pernah sebelumnya di Bareskrim," Angga menerangkan.

3. Peneliti ACC minta Irjen Andi Rian evaluasi jajaran Polda Sulsel

ACC: Kapolda Setyo Tinggalkan Piring Kotor untuk Andi RianIrjen Andi Rian Ryacudu Djajadi dimutasi sebagai Kapolda Sulawesi Selatan per Desember 2023. (Dok. Humas Polri)

Selain itu, Angga menambahkan, nantinya Kapolda Andi Rian juga harus mengevaluasi kinerja penyidik Polda Sulsel. Khususnya yang selama ini menangani perkara-perkara korupsi.

"Ini PR (pekerjaan rumah), harus evaluasi jajarannya terutama penyidik di Polda yang menyelidiki kasus-kasus korupsi di jajaran Ditreskrimsus agar kedepannya tidak ada lagi kasus mandek yang diselidiki bertahun-tahun sampai pejabat baru," tambahnya.

Baca Juga: Polda Sulsel Akan Hapus 1 Juta Data Kendaraan Tak Bayar Pajak

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya