Jokowi Resmikan Tol Manado Bitung, Diharap Tingkatkan Ekonomi Sulut

Tol Manado Bitung diharapkan tingkatkan perekonomian Sulut

Manado, IDN Times – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Tol Manado Bitung Seksi 2B Danowudu-Bitung pada, Jumat (25/2/2022). Peresmian ini juga dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Haldimoeljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, serta Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey.

Direktur PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) Charles Lendra mengatakan, pembangunan Seksi 2B Danowudu-Bitung sepanjang 13,65 kilometer sudah bisa beroperasi. Pada awal Januari 2022 telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) terhadap Seksi 2B dan mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR.

“Tol Manado Bitung sudah siap beroperasi sepenuhnya melengkapi tiga seksi lainnya yang sudah lebih dulu diresmikan dan beroperasi pada 2020,” kata Charles, Kamis, 24 Februari 2022.

1. Gubernur Sulut sebut Tol Manado Bitung penanda pembangunan Indonesia Timur

Jokowi Resmikan Tol Manado Bitung, Diharap Tingkatkan Ekonomi SulutGubernur Sulut Olly Dondokambey saat peresmian Tol Manado Bitung, Jumat (25/2/2022). Youtube Sekretariat Presiden

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengapresiasi pemerintah pusat yang menyelesaikan pembangunan Tol Manado Bitung. “Ini menunjukkan pemerintah membangun Indonesia di timur dan barat. Kalau cuma dibangun di barat, Allah marah, Pak,” kelakarnya, Jumat (25/2/2022).

Sebelum adanya tol, perjalanan Manado-Bitung cukup memakan waktu, yaitu 1,5-2 jam. Dengan adanya Tol Manado Bitung, saat ini perjalanan hanya memakan waktu 35 menit.

Olly juga berharap, adanya Tol Manado Bitung bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dan Destinasi Super Prioritas (DSP) Likupang, Minahasa Utara (Minut). “Mudah-mudahan dalam waktu dekat pariwisata Sulut maju kembali seperti harapan Pak Presiden ketika membuka langsung gerbang ke China,” sambung Olly.

Meski masih berada di tengah pandemik virus corona (COVID-19), pada tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Sulut memang berada di angka cukup tinggi, yaitu 4,17% dibanding pertumbuhan ekonomi Indonesia sekitar 3,69%.

Olly menyebut, pencapaian angka tersebut salah satunya karena ekspor ke berbagai negara termasuk China.

2. Jokowi sebut waktu tempuh Manado-Bitung menjadi 35 menit

Jokowi Resmikan Tol Manado Bitung, Diharap Tingkatkan Ekonomi SulutPresiden Joko Widodo ketika tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Jumat (25/2/2022). Dok. Humas Pemprov Sulut

Jokowi mengatakan, perjalanan dari Bandara Sam Ratulangi Manado menuju ke Danowudu, Bitung, hanya membutuhkan waktu sekitar 35 menit. Tentunya, jika melewati tol masyarakat bisa memperpendek waktu tempuh dari 2 jam jika hanya melewati Jalan Manado-Bitung atau Jalan SBY.

Jokowi berharap, Tol Manado Bitung yang memiliki panjang 39,8 kilometer tersebut bisa menunjang aktivitas masyarakat Sulut. “Jalan tol ini tentu akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas orang dan barang dari Manado sampai ke Pelabuhan Bitung,” tutur Jokowi.

Dengan adanya Tol Manado Bitung yang mempermudah aktivitas masyarakat, Jokowi juga berharap pertumbuhan ekonomi di Sulut bisa melebihi nasional kembali seperti di tahun 2021.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Peresmian Tol Manado-Bitung

3. Jokowi janji akan membuat tol hingga ke Likupang

Jokowi Resmikan Tol Manado Bitung, Diharap Tingkatkan Ekonomi SulutPresiden Joko Widodo saat peresmian Tol Manado Bitung, Jumat (25/2/2022). Youtube Sekretariat Presiden

Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut sedang mengakselerasi pembangunan KEK Pariwisata dan DSP Likupang yang ditargetkan selesai sebelum akhir tahun 2023.

Pada Februari 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Pemprov Sulut dan Pemerintah Daerah (Pemda) Minut tengah melakukan peletakan batu pertama pembangunan hotel dan marina di Likupang.

Jokowi mengatakan akan memperpanjang tol hingga ke Likupang guna menunjang sektor pariwisata. “Nantinya akan diarahkan ke Likupang apabila pembangunan di Likupang betul-betul sudah selesai semua,” ucap Jokowi.

Di sisi lain, Olly mengatakan adanya Tol Manado Bitung juga akan mempercepat pembangunan KEK Pariwisata dan DSP Likupang. “Sulut pasti akan melonjak lagi pariwisatanya. Covid-19 juga pasti akan berlalu, dan kita akan terbiasa,” tutup Olly.

Baca Juga: Beroperasi Sejak 2020, Lalu Lintas di Tol Manado Bitung Masih Sepi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya