Pemkab Donggala Pastikan Pembangunan Huntap Tuntas Agustus 2021

Ada 11 lokasi pembangunan huntap di Donggala

Donggala, IDN Times – Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah tahun in imenargetkan perampungan pembangunan hunian tetap (huntap) untuk korban bencana gempa, tsunami, dan likuefaksi.

Hal ini dikatakan Bupati Donggala, Kasman Lassa Selasa (8/6/2021). Ia mengatakan, ada sebelas lokasi pembangunan huntap di Kabupaten Donggala. Ditargetkan pembangunan akan selesai Agustus 2021 mendatang.

“Target mendahului Kota Palu, yah Agustus sudah selesai,” kata Kasman.

Baca Juga: Cerita Penyintas Bencana di Donggala Sukses Budi Daya Ikan Nila

1. Tersisa pembangunan huntap Loli dan Sirenja

Pemkab Donggala Pastikan Pembangunan Huntap Tuntas Agustus 2021Sejumlah anak di Desa Tompe, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah bermain di antara bangunan rumah yang rusak akibat diterjang tsunami pada 28 September 2018 lalu. IDN Times/Kristina Natalia

Dari sebelas lokasi pembangunan huntap, tersisa dua daerah yang masih dalam tahap pembangunan, yakni Loli dan Sirenja.

Kasman menjelaskan, dari dua lokasi ini ada 36 unit huntap masih dalam tahap pengerjaan. “Awal-awal pembangunan pasti ada kendala, Alhamdulillah semua sudah tuntas dan selesai tahun ini,” tuturnya.

2. Sebanyak 24 ribu orang menerima bantuan stimulan dan huntap

Pemkab Donggala Pastikan Pembangunan Huntap Tuntas Agustus 2021IDN Times/Kristina Natalia

Pemerintah Kabupaten Donggala mendata sebanyak 24 ribu korban bencana gempa, tsunami dan likuefaksi sebagai penerima bantuan dana stimulan dan huntap.

Untuk pembangunan huntap, Pemerintah Kabupaten Donggala menyediakan anggaran sebesar Rp25 miliar. Dana itu dianggarkan untuk pembebasan lahan. Kasman menekankan bahwa hampir seluruh penerima bantuan sudah ditutaskan.

“Tinggal kita evaluasi. Kalau dana stimulan sudah semua, tinggal huntap,” Kasman menerangkan.

3. Pemkab Donggala menunggu anggaran dari kementerian

Pemkab Donggala Pastikan Pembangunan Huntap Tuntas Agustus 2021IDN Times/Kristina Natalia

Belum lama ini Pemerintah Kabupaten Donggala bertemu wakil menteri PUPR. Tujuan kunjungan itu untuk mendesak Kementerian PUPR mempercepat pembangunan huntap  Loli dan Sirenja.

Kasman berharap tidak ada lagi permasalahan pembangunan huntap untuk korban bencana di Kabupaten Donggala. “Pemkab menunggu karena anggaran dari pusat. Tugas kita mendesak untuk percepatan pembangunan,” kata dia.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya