Talenta Wirausaha BSI Pacu Mahasiswa UMI Makassar Berani Berbisnis

BSI berkomitmen menumbukan semangat wirausaha

Makassar, IDN Times - Sejumlah pelaku wirausaha muda di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengikuti kegiatan Onboarding Talenta Wirausaha yang digelar PT Bank Syariah Indonesia (BSI) di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI), Rabu 8 Maret 2023.

Kegiatan Talenta Wirausaha BSI (TWB) merupakan program inkubator bagi para wirausaha muda dan MusilmPreneur untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya, sehingga mampu bersaing di kancah global. Hal ini sejalan dengan spirit BSI untuk mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Go Halal, Go Digital dan Go Global.

Gagasan MuslimPreneur dan membangkitkan kewirausahaan ini telah disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir sejak TWB angkatan pertama pada 2022 silam. Gagasan ini bermula dari pengamatan langsung Erick saat berkeliling ke pesantren-pesantren di Indonesia bersama Direktur Utaman BSI, Hery Gunardi.

“Saya sudah mengajak juga Direktur Utama BSI untuk datang ke pesantren-pesantren karena memang kita ingin pesantren sebagai mercusuar peradaban. Supaya keseimbangan ekonomi bisa terjadi, apalagi saat Covid-19 ini jelas terdapat kesenjangan. Maka dari itu kita harus seimbangkan dan intervensi. Di situlah negara hadir memastikan kesenjangan tersebut tidak boleh semakin melebar,” ungkapnya kala itu.

1. Menebar semangat wirausaha

Talenta Wirausaha BSI Pacu Mahasiswa UMI Makassar Berani BerbisnisWirausaha BSI di Makassar, Sulawesi Selatan/Istimewa

Arief Rosyid Hasan, komisaris termuda BSI, hadir di kegiatan tersebut. Dia mengatakan, hendak menebar semangat berwirausaha kepada sekitar 300 pemuda dan pelaku wirausaha yang hadir.

"Demografi Indonesia yang 50 persen lebih didominasi oleh kalangan muda dan produktif, menjadikan BSI merasa perlu membuat kegiatan Talenta Wirausaha ini, karena niatan BSI untuk menjadi besar harus diikuti dengan menggandeng anak-anak muda di seluruh indonesia melalui program ini, termasuk di Makassar", ungkap Arief.

2. Memantik semangat wirausaha kalangan mahasiswa

Talenta Wirausaha BSI Pacu Mahasiswa UMI Makassar Berani BerbisnisWirausaha BSI di Makassar, Sulawesi Selatan/Istimewa

Sementara pihak UMI Makassar menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini untuk mendorong mahasiswa yang memiliki minat maupun sedang meniti jalan kewirausahaan, untuk mengikuti program TWB Bank BSI.

“Saya berharap ilmu dan manfaat dari seluruh program Talenta Wirausaha BSI, bisa memberikan kesempatan kepada para mahasiswa, terutama mahasiswa UMI, untuk bisa sukses di bidang kewirausahaan. maka dari itu pimpinan Universitas sungguh mengapresiasi inisiatif ini," sebut Wakil Rektor 3 Bidang Mahasiswa, Prestasi, dan Hubungan Alumni UMI, Nasrullah Arsyad.

3. Mengajak mitra UMKM

Talenta Wirausaha BSI Pacu Mahasiswa UMI Makassar Berani BerbisnisWirausaha BSI di Makassar, Sulawesi Selatan/Istimewa

Kegiatan Onboarding TWB di setiap kota menyajikan inspiring speech dan talkshow. Selain itu BSI juga mengajak mitra UMKM setempat untuk mengisi booth atau stand UMKM di sekitar area acara.

Tahun ini, TWB mengajak calon wirausaha dan wirausaha eksisting untuk empat kategori, yakni kategori Pemula, kategori Rintisan, kategori Berdaya, dan kategori Santri. Melalui keempat kategori ini diharapkan BSI dapat memfasilitasi para wirausaha untuk beradu ide sesuai dengan segmentasi usaha.

Tahun ini, BSI menargetkan 7.500 orang mengikuti TWB 2023 dengan menyasar kota - kota besar di antaranya Malang, Surabaya, Jakarta, Medan, Palembang, Padang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Banten, Banjarmasin, Balikpapan, dll . Kota-kota ini dipilih mengingat potensi industri kreatif yang besar dan minat program ini pada tahun sebelumnya.

Baca Juga: BSI Gelar Charity Concert Bantu Korban Bencana Rayakan HUT ke-2 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya