Comscore Tracker

Satu Warga Palu Sulawesi Tengah Positif Terinfeksi Virus Corona

Pasien mengalami gejala COVID-19 setelah dari Jakarta

Palu, IDN Times – Seorang warga di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah diumumkan positif terjangkit virus corona (COVID-19) pada Kamis (26/3) pukul 16.00 WITA. Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr. Husaema Abdul Rahman.

Husaema mengatakan, warga tersebut merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang sebelumnya merupakan pasien rujukan dari Rumah Sakit Bala Keselamatan Palu ke RSUD Undata Palu. “Informasi yang saya dapatkan dari Kadis Kesehatan Sulteng ya benar hal demikian,” kata dr. Husaema kepada IDN Times di Palu.

1. Spesimen pasien positif corona di Palu dua kali periksa lab

Satu Warga Palu Sulawesi Tengah Positif Terinfeksi Virus CoronaIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Husaema mengatakan pasien tersebut merupakan pasien yang telah berstatus PDP sejak awal Maret 2020, “Sejak tanggal 9 Maret sudah dikirim sampel ke laboratorim di Jakarta dan dinyatakan negatif,” kata Husaema.

Namun, jelas Husaema, pihak rumah sakit mengirimkan spesimen pasien untuk kedua kalinya pada hari selasa (17/3) dan pada hari ini, Kamis (26/3) hasil laboratorium Kementerian Kesehatan RI menyatakan yang bersangkutan positif virus corona.

2. Pasien tersebut sebelumnya pergi ke Jakarta

Satu Warga Palu Sulawesi Tengah Positif Terinfeksi Virus CoronaIlustrasi Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Husaema lebih jauh menjelaskan, pasien positif corona di Palu tersebut sebelumnya berada di Jakarta kemudian pulang ke Palu. “Pasien tersebut menemani suaminya berobat di RS Harapan Kita Jakarta yang mengalami gejala penyakit jantung,” katanya.

Beberapa waktu setelah pasien tersebut kembali ke Palu, Dinas Kesehatan Kota Palu menetapkan ia berstatus ODP. “Saat dia pulang ke Palu disurvei oleh rekan di Dinkes Kota Palu. Beberapa waktu kemudian pasien tersebut mengalami kondisi demam dan masuk RS Bala Keselamatan,” ujar Husaema.

Setelah dilakukan perawatan, lanjut Husaema, pasien tersebut dinyatakan mengalami gejala pneumonia.

Baca Juga: Sikola Pomore di Palu Bagikan Hand Sanitizer Gratis untuk Buruh Harian

3. Pasien mempunyai riwayat penyakit kanker payudara

Satu Warga Palu Sulawesi Tengah Positif Terinfeksi Virus Coronapexels.com/ Miguel Á. Padriñán

Husaema menjelaskan pasien positif corona di Palu, Sulawesi Tengah tersebut berusia 61 tahun dan mempunyai riwayat penyakit kanker payudara. ”Kondisi fisiknya menurun karena kanker itu, sehingga dia mudah terjangkit,” tuturnya.

Husaema mengatakan, Dinas Kesehatan Kota Palu bersama tim terkait langsung melakukan pemeriksaan terhadap keluarga pasien positif virus corona di Palu. Sementara Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah segera akan melakukan rapid test. ”Besok rencananya akan dilakukan rapid test kepada keluarganya, agar bisa mengetahui keluarganya ada yang terjangkit atau tidak,” imbuhnya.

Dia juga mengharapkan dengan kejadian tersebut agar masyarakat jangan panik dan jika tidak ada keperluan yang mendesak jangan dulu keluar rumah.

“Tolong kami dari Dinkes Kota Palu mengimbau jangan keluar rumah kalau tidak mendesak, kedua social distancing harus dilakukan, dan perilaku hidup bersih dan sehat itu sudah harus sering dilakukan serta rajin meminum air hangat.”

 Laporan: Mu. Faiz Syafar untuk IDN Times

Baca Juga: SMK di Palu Turun Tangan Produksi Pakaian Hazmat untuk Tim Medis

Satu Warga Palu Sulawesi Tengah Positif Terinfeksi Virus CoronaIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya