Banjir dan Longsor Manado, 33 Kelurahan Terdampak, 6 Orang Meninggal

9 kecamatan di Kota Manado terdampak banjir dan longsor

Makassar, IDN Times - Banjir dan tanah longsor di Kota Manado, Sulawesi Utara pada Sabtu, 16 Januari 2021, mengakibatkan 9 kecamatan dan 33 kelurahan terdampak. Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Manado mencatat, hingga Minggu (17/1/2021) dini hari, korban meninggal dunia sebanyak enam orang.

"Kami sudah melaporkan ke Wali Kota Manado tentang banjir dan tanah longsor yang melanda Manado, dengan enam korban jiwa, dimana satu orang belum ditemukan," Kata Kepala BPBD Manado, Donald Sambuaga dilansir ANTARA, Minggu.

1. Lokasi korban meninggal dunia

Banjir dan Longsor Manado, 33 Kelurahan Terdampak, 6 Orang MeninggalTim BPBD Manado, Basarnas Manado dan sejumlah relawan melakukan evakuasi korban tanah longsor di Manado, Sulawesi Utara, pada Sabtu (16/1/2021) malam. (Dok. BPBD Kota Manado)

Enam orang korban meninggal dunia akibat tanah longsor tersebar di sejumlah wilayah di Manado. Di Kelurahan Perkamil, Kecamatan Paal Dua sebanyak tiga orang meninggal, masing-masing Fani Poluan (50), Arni Laurens (44), dan Celsi (8).

Lalu di Kelurahan Paal 4 satu orang meninggal yaitu Iptu Kifni Kawulur (48). Dua orang korban lainnya yaitu Meiny Pondaag (62) di Lorong Cempaka Jalan Sea Kelurahan Malalayang Barat, dan San Hasan (30) yang hingga kini belum ditemukan.

2. Kecamatan dan kelurahan yang terdampak banjir dan tanah longsor di Manado

Banjir dan Longsor Manado, 33 Kelurahan Terdampak, 6 Orang MeninggalTim BPBD Manado, Basarnas Manado dan sejumlah relawan melakukan evakuasi korban tanah longsor menggunakan ekskavator di Manado, Sulawesi Utara, pada Sabtu (16/1/2021) malam. (Dok. BPBD Kota Manado)

Sembilan kecamatan di Kota Manado terdampak banjir dan tanah longsor. Rinciannya, Kecamatan Singkil (5 kelurahan), Kecamatan Tuminting (5 kelurahan), Kecamatan Bunaken (1 kelurahan), Kecamatan Paal Dua (6 kelurahan), Kecamatan Tikala (4 kelurahan), Kecamatan Wenang (2 kelurahan), Kecamatan Sario (3 kelurahan), Kecamatan Malalayang 4 kelurahan), dan Kecamatan Wanea (3 kelurahan).

Hingga Mingga hari ini, proses evakuasi korban terdampak banjir dan tanah longsor di Kota Manado masih terus dilakukan BPBD Sulut, Badan SAR, TNI, kepolisian, BPBD Manadi, dan masyarakat sekitar.

Baca Juga: Banjir dan Longsor di Manado, 5 Orang Meninggal Dunia

3. BPBD Manado minta warga waspada cuaca ekstrem pada Minggu malam

Banjir dan Longsor Manado, 33 Kelurahan Terdampak, 6 Orang MeninggalBanjir merendam kawasan pemukiman warga di Kota Manado, Sulawesi Utara, pada Sabtu (16/1/2021). (Dok. BPBD Kota Manado)

Hujan deras yang mengguyur Manado sejak Jumat, 15 Januari lalu, merendam pemukiman warga. Wilayah awal terdampak antara lain di Kecamatan Malalayang, Kecamatan Tikala, Kecamatan Paal Dua, Kecamatan Wenang dan Kecamatan Bunaken.

BPBD Manado mengingatkan masyarakat agar tetap mewaspadai potensi banjir yang diikuti tanah longsor. Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menerbitkan peringatan hujan deras dan cuaca ekstrem di beberapa daerah Sulawesi Utara pada Minggu, 17 Januari tengah malam.

Baca Juga: Longsor di Manado Sulawesi Utara, Satu Keluarga Tewas Tertimbun Tanah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya