Danramil Aradide yang Gugur Diserang OPM Dimakamkan di TMP Nabire

Upcara pemakaman dipimpin Brigjen TNI Franz Yohanes Purba

Intinya Sih...

  • Lettu Inf (Anumerta) Oktovianus Sogalrey dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nabire
  • Prosesi pemakaman dimulai dengan upacara pelepasan dan penyerahan jenazah di rumah duka
  • Pemakaman dipimpin oleh Danrem173/PVB, Brigjen TNI Franz Yohanes Purba, yang berlangsung khidmat dan lancar

Nabire, IDN Times – Jenazah Lettu Inf (Anumerta) Oktovianus Sogalrey, korban meninggal dunia akibat penyerangan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) – Organisasi Papua Merdeka (OPM), telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kabupaten Nabire, Papua Tengah, pada Minggu (14/4/2024) siang pukul 13.00 WIT.

Berdasarkan keterangan dari Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Candra Kurniawan, disampaikan bahwa prosesi pemakaman tersebut diawali dengan upacara pelepasan dan penyerahan jenazah yang dilaksanakan di rumah duka, Kelurahan Kaliharapan, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire.

Setelah itu, jenazah korban dibawa menuju tempat peristirahatan terakhir menggunakan mobil jenazah milik Kodim 1705/Nbr.

Prosesi persemayaman dan pemakaman jenazah Danramil 1703-04/Aradide itu dipimpin oleh Danrem173/PVB, Brigjen TNI Franz Yohanes Purba.

Seluruh rangkaian pemakaman, kata Candra, berlangsung khidmat dan lancar yang mana diawali dengan penaburan bunga dan penimbunan liang lahat secara Simbolis oleh Brigjen TNI Franz Yohanes Purba dan keluarga.

Sementara Brigjen TNI Franz Yohanes Purba dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Almarhum Letda Inf Oktovianus Sogalrey semasa hidupnya telah menunjukkan Dharma Bhaktinya dengan baik dan bertanggung jawab kepada bangsa dan negara lewat kesetiaannya kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Selaku Komandan Korem 173/PVB, atas nama bangsa dan negara serta TNI, menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada almarhum atas Dharma Bhaktinya kepada masyarakat, bangsa dan negara. Semoga amal ibadahnya diterima oleh Tuhan YME dan almarhum mendapat tempat yang layak disisinya," ujar Danrem.

Dia pun memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu mulai dari evakuasi jenazah hingga proses pemakaman ini dilaksanakan.

"Saya Komandan Korem 173/PVB, atas nama bangsa dan negara beserta pihak keluarga, menyampaikan ucapan terima kasih dan disertai dengan do'a agar bantuan yang telah diberikan baik moril maupun materil semoga mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan YME," tutupnya.

Sebagai informasi, prosesi pemakaman ini turut dihadiri oleh Pj Sekda Provinsi Papua Tengah, Anwar H. Damanik; Asisten I Provinsi Papua Tengah, Alusius Youw; dan Kakesbangpol Provinsi Papua Tengah, Theopilus Lukas Ayomi.

Kemudian Kapolres Nabire, AKBP Wahyudi Satrio Bintor; Kolonel Mar Totok Nurcahyanto; Dandim 1703/DeiyaiLetkol Inf I Wayan Deddy Suryanto; Dankima Yonif 753/AVT, Kapten Inf Adrian; Kajari Kabupaten Nabire, Yedivia Rum; Ketua Pengadilan Negeri Nabire, Rudi Setiawan; para Perwira TNI-POLRI garnisun Nabire; dan pihak keluarga serta kerabat almarhum.

Baca Juga: OPM Akui Penyerangan Tewaskan Danramil Aradide di Paniai

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya