UPDATE Basarnas: Kapal Tenggelam di Laut Pangkep, Total 17 Korban

Dua data korban baru diketahui Basarnas Makassar

Makassar, IDN Times - Basarnas Makassar menyebutkan, ternyata ada 17 korban dalam peristiwa KM Resky yang tenggelam di perairan Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (2/12/2023).

Kepala Seksi Operasi Siaga dan Pencarian Basarnas Makassar, Andi Sultan, mengungkapkan awalnya Basarnas hanya mencatat 15 korban, di mana 5 di antaranya meninggal dunia, tapi ada data tambahan dari pihak BPBD.

"Jadi saat kami tutup (operasi pencarian), kota kembali ada lagi info Tim SAR Pangkep bahwa ada itu data dua korban dari BPBD, ternyata dua korban itu dievakuasi warga (nelayan) yang melintas," ungkap Sultan kepada IDN Times Sulsel, Minggu (3/12/2023).

1. Basarnas tidak bisa pastikan 2 korban meninggal tenggelam atau tidak

UPDATE Basarnas: Kapal Tenggelam di Laut Pangkep, Total 17 KorbanIlustrasi Tim SAR (IDN Times/Prayugo Utomo)

Andi Sultan mengaku, dua korban yang baru terdata itu ternyata ada dalam daftar manifes penumpang KM Resky. Namun belum bisa dipastikan apakah mereka meninggal langsung karena tenggelam atau saat dievakuasi ke rumah sakit.

"Ini kan nelayan melintas dan dia ditolong, apa meninggal di kapal atau seperti apa. Jadi untuk kepaatiannya saya belum bisa menjelaskan, tapi total manifes 17 orang dan meninggal itu lima," terang Sultan.

2. Data 2 korban masuk setelah operasi ditutup

UPDATE Basarnas: Kapal Tenggelam di Laut Pangkep, Total 17 KorbanIlustrasi insiden kapal laut. (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait dua korban meninggal yang baru terdata ini, lanjut Sultan, dianggap sebagai hal teknis semata karena data tambahan baru masuk setelah Basarnas menutup operasi pencarian korban tenggelam.

"Memang sudah kita tutup dan data awal kan lima korban meninggal, jadi biasanya masalah manifes apalagi ini kan kapalnya penyeberangan jadi data sering bertambah. Tapi ini dipastikan ditutup," jelas Sultan.

Baca Juga: 3 Lagi Korban Kapal Tenggelam di Pangkep Ditemukan Tewas

3. KM Resky karam saat bawa penumpang dari Pajjenekang ke Pangkep

UPDATE Basarnas: Kapal Tenggelam di Laut Pangkep, Total 17 KorbanIlustrasi kapal tenggelam. (IDN Times/ Agung Sedana)

Peristiwa karamnya KM Resky ini terjadi di perairan kepulauan Balangcaddi, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Pangkep, Sabtu (2/12/2023) sekitar 15.00 Wita.

Di mana saat kejadian, KM Resky hendak melakukan pelayaran dengan membawa 17 orang dengan rute dari Pajjenekang menuju ke Pelabuhan Pangkep, Sulsel.

Basarnas mencatat, 7 korban meninggal dalam peristiwa ini berinisial AS (35), MA (30), SO (45), NA (36), MR (5), RE (16), dan SA (7).

Kata Kepala Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel, pihaknya menerjunkan 6 orang anggota dilengkapi peralatan pertolongan di air. 

"Kami terima info dan langsung bergerak dengan mengerahkan 6 Rescuer Basarnas Makassar dan 6 ABK menggunakan kapal cepat menuju lokasi," beber Mexianus.

Baca Juga: Basarnas Cari Nelayan Hilang di Perairan Pangkep

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya