KPU Makassar Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Tiga Pulau

Distribusi logistik Pemilu 2024 di Makassar terus berjalan

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar telah mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke pulau-pulau yang berada di Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar, Minggu (11/2/2024) pukul 07.00 Wita.

Pendistribusian logistik Pemilu 2024 ini melalui Pelabuhan Rakyat Paotere. Logistik ini dikirim ke 3 Pulau di Kecamatan Sangkarang yaitu, Kodingareng, Barrang Caddi, dan Barrang Lompo.

"Alhamdulillah sudah tadi pagi didistribusi ke pulau-pulau, dikawal pihak kepolisian," kata ketua KPU Makassar, Hambalie saat dikonfirmasi IDN Times lewat telepon.

1. Logistik untuk 41 TPS di Sangkarang, total DPT 10 ribu lebih

KPU Makassar Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Tiga PulauKPU Makassar distribusi logistik Pemilu 2024 ke wilayah pulau, Minggu (11/2/2024)/Istimewa

Hambalie mengungkapkan, ada 41 titik Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di 3 pulau tersebut, dengan total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPR) sebanyak 10.261 orang.

"Kecamatan pulau Sangkarrang terdapat 41 TPS, seperti Pulau Kodingareng 14 TPS, Barrang Caddi 13 TPS, dan Barrang Lompo 14 TPS, dan total DPT 10.261," ungkapnya.

2. Logistik aman sampai tujuan

KPU Makassar Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Tiga PulauKPU Makassar distribusi logistik Pemilu 2024 ke wilayah pulau, Minggu (11/2/2024)/Istimewa

Kata Hambalie, diproses pendistribusian logistik Pemilu ini berjalan lancar sampai ke tujuan. Mengingat, cuaca di Makassar kini masih dalam kondisi musim hujan.

"Ini saya baru balik dari pulau, memang itu ombak besar tapi lolos, aman. Kita tadi kan berangkat pagi dan subuhnya itu hujan tapi semua logistiknya aman," jelas Hambalie.

"Sebelumnya memang kita merencanakan dari tanggal 10 (februari) cuma lihat situasi prediksi BMKG ketinggian gelombang laut 4 meter jadi undur waktunya," lanjutnya.

3. Pakai 1 kapal motor

KPU Makassar Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Tiga PulauIlustrasi surat suara (dok. IDN Times/Istimewa)

Disebutkan, dalam proses pendistribusin logistik Pemilu ke tiga pulau ini KPU Makassar hanya menggunakan satu Kapal Motor (KM) yang akan menyambangi tiga pulau tersebut.

"Kita satu kali race (jalan), kita masuk dulu ke Barrang Lompo dan kita rakit semua kotak suaranya, kita tidak rakit sekarang karena akan mengambil volume (tempat) kapal, makanya di Ibu kota kecamatan itu (Barrang Lompo) baru kita lanjut rakit dan distribusikan ke pulau lain," ujar Hambalie.

Baca Juga: Bawaslu Makassar Irit Bicara soal Caleg DPR RI Bagi-Bagi Uang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya