Banjir di Parepare, Taufan Pawe Minta BPBD Evakuasi Warga Terdampak

Video situasi banjir di Parepare beredar di media sosial

Makassar, IDN Times - Bencana banjir melanda sejumlah wilayah di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Jumat (18/11/2022), saat hujan lebat mengguyur daerah setempat.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersiaga selama 24 jam untuk melakukan evakuasi korban banjir.

"Karena kita khawatir masih ada warga yang belum terevakuasi," kata Taufan Pawe, saat meninjau lokasi pengungsi korban banjir di Parepare.

1. Banjir Parepare perlahan surut

Banjir di Parepare, Taufan Pawe Minta BPBD Evakuasi Warga TerdampakWali Kota Parepare, Taufan Pawe memantau situasi banjir, Jumat 18 November 2022. Dok. IDN Times/Humas Pemkot Parepare

Taufan Pawe mengatakan, banjir di Parepare perlahan surut seiring hujan yang mulai reda dan berhenti. "Meski demikan, kita tetap siaga. Saya sudah minta badan bencana (BPBD) agar supaya siaga terus satu kali 24 jam," ucap Taufan.

Evakuasi korban banjir Parepare, kata Taufan, diharapkan berjalan lancar sesuai rencana. Ia juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada pada banjir susulan. "Jika kondisi mengancam lebih baik tinggalkan tempat menuju tempat evakuasi," ungkapnya.

2. BPBD Parepare siaga 24 jam

Banjir di Parepare, Taufan Pawe Minta BPBD Evakuasi Warga TerdampakWali Kota Parepare, Taufan Pawe memantau situasi banjir, Jumat 18 November 2022. Dok. IDN Times/Humas Pemkot Parepare

Banjir di Parepare, menurut Taufan, tiba-tiba terjadi karena intensitas hujan yang tinggi. Tak hanya itu, Kota Parepare yang merupakan wilayah pesisir berpotensi mendapatkan kiriman air dari daerah lain.

"Inshallah kita siaga dan tanggap. Kita sudah kerahkan seluruh tim BPBD dan berbagai fasiltasnya bersama tim siaga bencana lainnya untuk terus memantau kondisi yang ada," kata Taufan.

3. Warga terdampak banjir di Parepare

Banjir di Parepare, Taufan Pawe Minta BPBD Evakuasi Warga TerdampakTangkapan layar video banjir di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (18/11/2022). (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sejumlah video yang menggambarkan peristiwa banjir di Parepare beredar di media sosial. Rekaman video amatir memperlihatkan air menggenangi jalan-jalan hingga pemukiman penduduk.

Pada salah satu video yang beredar, terlihat jalan poros di perbatasan Parepare dengan Kabupaten Barru terendam banjir. Air setinggi mata kaki orang dewasa membuat sejumlah pengendara tertahan di jalan.

Kepala Seksi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel Andi Wahid mengatakan pihaknya masih mengumpulkan informasi dan laporan terkait bencana banjir di daerahnya, termasuk di Parepare.

"Belum masuk laporannya, masih assesment," kata Andi Wahid melalui pesan singkat kepada IDN Times, Jumat.

Baca Juga: Parepare Dilanda Banjir, Warga Minta Tolong Dievakuasi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya